Explanation Text: Pengertian, Struktur dan Contohnya

kampunginggrisonline.id (Explanation Text: Pengertian, Struktur dan Contohnya) – Reading and writing merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai ketika kita sedang belajar bahasa Inggris. Ketika belajar bahasa Inggris kita akan menjumpai banyak jenis teks yang akan kita jumpai. Teks juga merupakan media belajar bahasa Inggris yang sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Salah satu jenis teks yang cukup umum dijumpai adalah explanation text. Jadi apa sih explanation text itu? nah dari pada makin bingung yuk kita bedah bersama mulai dari pengertian, struktur dan contohnya. Info selengkapnya, yuk simak hingga akhir.

Explanation Text

Pengertian Explanation Text

Secara sederhana explanation text bisa diartikan sebagai sebuah teks yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dapat terjadi. Lebih lanjut explanation text dapat diartikan sebagai sebuah teks yang menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu hal bisa terjadi. Lalu apa saja konteks yang dibahas pada explanation text? Apapun! explanation text dapat digunakan untuk menjelaskan apapun, mulai dari masalah sosial, masalah ekonomi, fenomena alam, budaya dan lain sebagainya. Banyak orang yang masih sukar membedakan antara explanation text dan procedure text. Pada procedure text lebih fokus menjelaskan suatu (proses) sementara pada explanation text menjelaskan bagaimana proses tersebut terjadi, jadi pada teks jenis ini digunakan untuk menjelaskan seluruh rincian dari sebuah fenomena yang sedang berlangsung atau pernah berlangsung.

Tujuan dan Fungsi Explanation Text

  • Tujuan utama dari teks explanation tentu saja untuk memberikan informasi secara mendetail untuk pembaca mengenai penjelasan mengapa sesuatu hal bisa terjadi. Jadi fungsi utama dari teks ini adalah untuk menjawab keingintahuan masyarakat mengenai pertanyaan yang mungkin banyak dicari masyarakat.
  • Tujuan lain dari explanation text adalah untuk memberikan pengetahuan, edukasi dan penjelasan. Banyak hal seperti buku pelajaran ditulis menggunakan teks jenis ini. Nah jadi untuk kamu yang ingin menjadi profesional di luar negeri sangat penting untuk menguasai jenis teks ini.

Jenis-Jenis Explanation Text

Sequential Explanation Text (Teks Eksplanasi Berurutan)

Jenis teks yang menjelaskan suatu proses atau urutan langkah secara berurutan. Biasanya, teks ini mengikuti urutan waktu atau urutan langkah yang logis untuk menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi atau dilakukan.

Cause and Effect Explanation Text (Teks Eksplanasi Sebab dan Akibat)

Teks yang menjelaskan hubungan sebab dan akibat antara suatu kejadian atau fenomena. Biasanya, teks ini mengidentifikasi penyebab suatu peristiwa atau fenomena dan menunjukkan dampak atau akibat yang terjadi sebagai hasil dari penyebab tersebut.

Theoretical Explanation Text (Teks Eksplanasi Teoritis)

Jenis teks yang memberikan penjelasan tentang suatu konsep, teori, atau ide yang mendasari suatu topik atau fenomena. Teks ini bertujuan untuk memperkenalkan atau menjelaskan konsep teoritis kepada pembaca.

Struktur Explanation Text

Terdapat empat struktur dari explanation text, yaitu: yaitu title, general statement, explanation, dan conclusion.

Title

Struktur yang pertama adalah title atau judul. Judul merupakan struktur atau komponen penting dari explanation text. Judul sangat penting untuk memberikan gambaran mengenai apa isi teks. Judul juga penting untuk menarik pembaca agar betah membaca hingga akhir.

General Statement

Bagian ke dua struktur dari explanation text adalah gambaran umum mengenai tema besar yang sedang dijelaskan pada teks.

Explanation

Yang selanjutnya adalah explanation. Pada struktur ini terdapat berbagai rangkaian proses mengenai bagaimana dan mengapa suatu hal dari topik yang sedang dibahas tersebut bisa terjadi. Sebab, akibat yang dijelaskan mengenai urutan kejadian.

Conclusion

Pada struktur yang terakhir adalah conclusion, yaitu berupa kesimpulan mengenai seluruh proses, atau tema besar yang sedang di bahas pada teks eksplanasi.

Ciri-ciri Explanation Text

Menjawab “how and why”

Ciri yang pertama adalah menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Ciri dari explanation text digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana dan kenapa sesuatu terjadi.

Judul Jelas

Karakter atau ciri lainnya dari teks jenis ini adalah penulisan judul yang sederhana dan jelas. Contohnya “how the machine works” tidak seperti teks jenis lain pada explanation text apabila judulnya membahas mengenai bagaimana mesin bekerja makan secara keseluruhan teksnya juga akan membahas mengenai bagaimana cara kerja mesin.

Paragraf Pertama Berisi Subjek

Paragraf pertama dari explanation text pasti akan menjelaskan mengenai subjek yang akan dibahas pada teks, lalu kemudian di paragraf selanjutnya adalah paragraf yang berisi penguat penjelasan secara lebih detail.

Diagram dan Lebel

Pada explanation text bisanya juga akan dilengkapi dengan diagram dan lebel yang digunakan untuk memberikan penjelasan visual agar mempermudah pembaca memahami teks dengan lebih baik.

Contoh Explanation Text

Title: The Formation Process of Rain

General Statement

Rain is a natural phenomenon that occurs when water vapor in the atmosphere condenses and returns to the Earth in the form of liquid water. The process of rain formation involves a series of complex steps.

Explanation

Firstly, the process begins with the heating of the sun, which transforms water on the Earth’s surface into water vapor. Water from the seas, rivers, and land evaporates due to the sun’s heat. This vapor then ascends into the atmosphere.

As the water vapor rises, warm air encounters cooler air at a certain altitude in the atmosphere. At this point, the water vapor begins to undergo condensation, changing from a vapor state to tiny water droplets or ice crystals. These droplets or crystals gather and form clouds.

Subsequently, within the clouds, the water droplets continue to combine and grow larger. When these droplets become too heavy to remain suspended in the air, they fall to the ground as precipitation. Depending on the temperature, this precipitation can be in the form of rain, snow, sleet, or hail.

Conclusion

In conclusion, rain formation is a multi-step process involving the conversion of water into vapor, its ascent, condensation into droplets or ice crystals, cloud formation, and ultimately, precipitation. Understanding these stages helps us comprehend the intricate mechanisms behind the creation of rain.

artinya:

Judul : Proses Terbentuknya Hujan

Pernyataan Umum

Hujan merupakan fenomena alam yang terjadi ketika uap air di atmosfer mengembun dan kembali ke bumi dalam bentuk air cair. Proses pembentukan hujan melibatkan serangkaian langkah yang kompleks.

Penjelas an

Pertama, prosesnya diawali dengan pemanasan matahari yang mengubah air di permukaan bumi menjadi uap air. Air dari laut, sungai, dan daratan menguap akibat panas matahari. Uap ini kemudian naik ke atmosfer.

Ketika uap air naik, udara hangat bertemu dengan udara dingin pada ketinggian tertentu di atmosfer. Pada titik ini, uap air mulai mengalami kondensasi, berubah dari wujud uap menjadi tetesan air kecil atau kristal es. Tetesan atau kristal ini berkumpul dan membentuk awan.

Selanjutnya, di dalam awan, tetesan air terus menyatu dan membesar. Ketika tetesan-tetesan ini menjadi terlalu berat untuk tetap tersuspensi di udara, mereka jatuh ke tanah sebagai presipitasi. Tergantung pada suhu, presipitasi ini dapat berupa hujan, salju, hujan es, atau hujan es.

Kesimpulan

Kesimpulannya, pembentukan hujan adalah proses multi-langkah yang melibatkan konversi air menjadi uap, kenaikannya, kondensasi menjadi tetesan atau kristal es, pembentukan awan, dan pada akhirnya, presipitasi. Memahami tahapan-tahapan ini membantu kita memahami mekanisme rumit di balik terciptanya hujan.

Bagaimana mudah dan seru sekali bukan belajar bahasa Inggris. Untuk kamu yang ingin lebih fasih lagi berbahasa Inggris, yuk gabung di kampunginggrionline.id kamu bisa belajar bahasa Inggris via online ditemani dengan tutor profesional dan berpengalaman. Jangan bingung kalau kamu belum tahu sejauh mana kemampuanmu dalam berbahasa Inggris dan tidak bisa menentukan kelas mana yang harus kamu ambil, yuk konsultasi bersama tim ahli dari kami, klik tombol di bawah ini!

Masih bingung?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *