Program Pertukaran Pelajar SMA Untuk Belajar ke Luar Negeri

Program-Pertukaran-Pelajar-SMA-Untuk-Belajar-ke-Luar-Negeri-05

kampungiggrisonline.id (Program Pertukaran Pelajar SMA Untuk Belajar ke Luar Negeri) – Siapa bilang program seperti besiswa ke luar negeri Cuma untuk kalangan perguruan tinggi? Apakah siswa sekolah tidak bisa mengikuti program serupa? Jawabannya bisa, namun sedikit berbeda dari program beaiswa untuk perguruan tinggi. Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah namun ingin belajar ke luar negeri, kamu bisa mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri. Dengan program tersebut kamu bisa belajar mengenal negara lain dengan berbagai bkebudayaannya. Apa saja sih program pertukaran pelajar yang bisa kita ikuti? Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasinya!

Program Pertukaran Pelajar SMA ke Luar Negeri

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) (Amerika Serikat)

Program pertukaran pelajar untuk SMA yang pertama adalah Kennedy-Lugar Youth Exchange and Studi yang bertujuan untuk menjembatani saling pengertian antara negara-negara berpenduduk Muslim besar dengan rakyat Amerika. Program ini merupakan program yang ditujukan bagi pelajar SMA di Indonesia yang berprestasi, baik dengan prestasi akademik maupun prestasi non akademik, dari latar belakang keluarga dengan keterbatasan finansial. Program ini akan membawa kamu untuk belajar ke Amerika untuk mengembangkan sikap kepemimpinan. Program ini juga bisa diikuti oleh siswa penyandang disabilitas.

Peserta yang mengikuti Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study akan mendapatakan cakupan berupa asuransi, biaya pengurusan visa, tiket pesawat pulang-pergi, penempatan di keluarga angkat di Amerika Serikat, kegiatan pengayaan program, tunjangan bulanan, dan biaya perjalanan selama menetap di Amerika.

Syarat untuk mengikuti program ini adalah, kamu merupakan siswa SMA yang duduk di kelas X atau kelas XI. Sayang sekali jika kamu adalah siswa program akselerasi atau homeschooling, kamu tidak bia mengikuti program ini. Selain itu kamu juga harus memiliki prestasi yang bagus di bidang akademik ataupun non akademik, dan nilai rata-rata untuk rapor kamu harus 80  untuk semua mata pelajaran.

Kamu bisa kunjungi website berikut untuk informasi lengkapnya: seleksibinaantarbudaya.or.id

Winter Korea Cultural Camp, Korea

Program pertukaran pelajar untuk SMA selanjutnya adalah bagi kamu yang meningkatkan pemahaman pelajar asing tentang negara Korea Selatan, bagi kamu penggemar K-Poo atau drama korea pasti senang jika bisabisa mengikuti program ini. Program ini akan membawamu belajar tentang korea, dari segi bahasa serta kebudayaannya. Program ini merupakan gabungan dari program pelatihan bahasa Korea dan wisata budaya. Kamu akan diajak berwisata dengan melihat berbagai kebudayaan di negara Korea, selain itu kamu juga akan diajak untuk berpartisipasi dengan kegiatan terkait kebudayaan di sana. Selain itu program ini juga bertujuan untuk membuka pemikiran internasional tentang keragaman budaya di dunia.

Cakupa dari program ini meliputi biaya pendidikan, akomodasi, tiket pesawat pulang-pergi, penjemputan di bandara, makan dan transportasi selama di Korea, serta kamu akan mendapatkan sertifikat

Syarat untuk mengikuti proram ini kamu haruslah berstatus pelajar berusia minimal 15 tahun, memiliki komitmen yang kuat serta mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehat secara fisik dan mental, dan membayar biaya pendafataran program di sini, dan mendaftar melalui link di sini

Indonesia – Korea Youth Exchange Program (Korea Selatan)

Youth Exchange Program adalah program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh Global Youth Action, sebuah organisasi kepemudaan internasional yang memberikan ruang bagi pergerakan pemuda di Indonesia dan luar negeri. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa berbagi kegiatan dan menerapkan tujuan keberlanjutan. Siswa yang terdaftar dalam program ini diharapkan menjadi pemimpin yang sadar akan dunia pendidikan dan kreativitas serta akan mendorong generasi muda untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Cakupan dari program ini meliputi beasiswa penuh sebesar Rp. 10 juta untuk seluruh kegiatan Youth Exchange Program (Bagi 5 kandidat terbaik), beasiswa parsial sebesar Rp. 5 juta untuk mengikuti kegiatan Youth Exchange Program (150 Kandidat terpilih), dan kelas eksklusif. Syarat mendaftar program ini adalah warga negara Indonesia, tidak ada batasan jenjang pendidikan, usia minimal 14 tahun, maksimal 33 tahun, elakukan seluruh tahap pendaftaran dan seleksi

Website resmi: www.globalyouthaction.com

ASEAN Undergraduate Scholarship

Selanjutnya adalah ASEAN Undergraduate Scholarship Program ini merupakan program beasiswa bagi kamu yang baru saja lulus SMA. Proram beeasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari semua negara di Asia Tenggara (tidak termasuk Singapura). Beasiswa ini akan membawamu kuliah di National University of Singapore (NUS). Pendaftaran untuk beasiswa ini adalah melalui pendaftaran di National University of Singapore. Jika Anda memenuhi persyaratan, pelamar akan menerima beasiswa. Cakupan yang akan kamu dapat adalah biaya kuliah yang akan ditangung secara penuh, serta kamu juga akan mendapatkan tunjangan hidup setiap tahun Rp. 61.000.000.

Syarat mengikuti program ini adalah merupakan warga negara ASEAN (kecuali Singapura), memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki catatan kegiatan ekstakulikuler yang bagus, nilai rapor SMA yang baik, dan sudah mendaftar di NUS

Link pendaftaran: https://www.nus.edu.sg/oam/scholarships/apply-for-scholarships

Asia Kakehashi Project

Program pertukaran pelajar yang terakhir adalah Asia Kakehashi Project yang merupakan program pertukaran pelajar dari pemerintah Jepang untuk SMA/Sederajat di Indonesia dalam rangka pertukaran pelajar ke Jepang. Program bertujuan membangun jembatan antara Jepang dan negara-negara Asia. Anda mendapatkan pengalaman bersekolah di Jepang dan tinggal bersama penduduk setempat di Jepang sambil berlatih bahasa Jepang di sana. Beasiswa ini untuk mereka yang belajar bahasa Jepang.

Cakupan yang akan kamu dapatkan dari program ini adalah tiket pesawat, biaya perjalanan, biaya hidup bulanan, pengurusan visa, penempatan di keluarga angkat, pengayaan program, asuransi kesehatan

Syarat untuk mengikuti program ini adalah warga negara Indonesia, siswa kelas X atau XI SMA/sederajat, memiliki nilai rata-rata rapor B untuk semua mata pelajaran, pernah atau sedang belajar bahasa Jepang dibuktikan dengan rapor atau sertifikat, siswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik, tinggal dan sekolah di Indonesia dan kembali ke sekolah asal saat program selesai, memiliki izin orang tua, memiliki izin sekolah, sehat fisik dan mental, serta mengikuti seluruh rangkaian seleksi

Website pendaftaran: https://seleksibinaantarbudaya.or.id/

Sekian informasi dari mimin tentang program pertukaran pelajar ke luar negeri. Banyak hal yang bisa kita coba selagi kita masih muda, jadikan energi yang masih kamu miliki untuk hal-hal yang dapat mengembangkan dirimu. Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris untuk mengikuti program-program pertukaan  pelajar maupun beasiswa luar negeri.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cara kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course. Kamu akan ditempatkan dalam kelas sesuai dengan level kemampuanmu, jadi kamu tidak perlu khawatir pembelajarannya akan terlalu ringan atau terlalu berat untuk kamu. Selain itu kamu juga bisa mempersiapkan TOEFL dan IELTS, lembaga kursus ini merupakan spesialis pada bidang tersebut. Titik Nol English Course terlah berhasil mengantarkan ratusan alumninya mendapatkan pendidikan di luar negeri loh. Ayo jadi seperti mereka dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bersama Titik Nol English Course.

Kamu bisa melihat program kursus dan fasilitasnya di bawah ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *