Tanda Baca Bahasa Inggris: Arti, Kegunaan dan Contohnya

kampunginggrisonline.id (Tanda Baca Bahasa Inggris: Arti, Kegunaan dan Contohnya) – Halo semuanya! Masih banyak di luar sana orang-orang yang menyepelekan penggunaan tanda baca ketika menulis. Padahal tanda baca sangat penting dipelajari dan diterapkan ketika sedang menulis, entah untuk keperluan apa saja itu. Mulai dari menulis surat lamaran pekerjaan, menulis pesan formal dan non-formal, menulis artikel, menulis laporan penelitian dan lain-lain. Semuanya memerlukan tanda baca agar tulisan tidak multitafsir dan mudah untuk dipahami. Menyepelekan tanda baca bisa berakibat fatal loh. Contoh kasus, si A sedang melamar pekerjaan dan ia tentu saja harus menulis surat lamaran pekerjaan, meskipun si A pada dasarnya cukup kompeten di bidang tersebut, akan tetapi pada surat lamaran pekerjaan yang ia tulis tanda bacanya tidak beraturan. Alhasil si A gagal mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang ia inginkan. Satu peluang hilang karena hal sepele.

Tanda Baca Bahasa Inggris

Apa itu Tanda Baca Bahasa Inggris?

Tanda baca dalam bahasa Inggris disebut juga sebagai punctuation. Secara sederhana kita dapat mengertikan punctuation sebagai sebuah tanda atau simbol-simbol, yang digunakan dalam sistem ejaan penulisan dam memiliki fungsi untuk menunjukkan struktur dan organisasi tulisan. Dengan begitu pembaca dapat menentukan intonasi dan jeda sewaktu membaca. Sehingga informasi yang berusaha disampaikan pada tulisan dapat dipahami dengan baik.

Penggunaan Tanda Baca Bahasa Inggris

Penggunaan tanda baca atau punctuation dengan kurang tepat dapat membuat bingung para pembaca. Punctuation sangat penting untuk dipelajari, hal ini tidak lain karena penggunaan tanda baca yang tepat dapat meminimalisir misunderstanding atau kesalahpahaman ketika pembaca menemukan tulisan kita. Tanda baca sangat penting untuk membantu pembaca mengerti sebuah kalimat atau paragraf sesuai dengan konteks, keadaan, suasana dan juga pembahasan. Penggunaan tanda baca yang kurang tepat tidak hanya dapat berakibat pada kesalahpahaman, lebih lanjut juga dapat mengubah makna dari sebuah kalimat itu sendiri.

Contoh Tulisan Tanpa Tanda Baca

Coba baca paragraf di bawah ini dengan lantang:

“Hari ini aku bangun pagi bersama matahari yang menyapa dunia diiringi oleh semilir angin yang menari di celah dedaunan pepohonan aku mendengarkan suara gemericik air sungai yang mengalir di kejauhan sambil kudengar juga riuhnya suara burung-burung yang bersemayam di pepohonan di sekitarku menemani hari yang cerah ini dengan teh panas yang dibuatkan ibu khusus untukku seorang sementara itu ayah sedang bersiap berangkat bekerja dan saat ini sedang memanaskan motornya”

Apakah kamu merasa terengah-engah? Selain sulit dipahami penggunaan tanda baca yang kurang tepat juga akan membuat pembaca kesulitan bernapas, hal ini dikarenakan tidak ada jeda sama sekali pada tulisan.

Jenis-Jenis Tanda Baca Bahasa Inggris dan Penggunaannya

Tanda baca dalam bahasa Inggris memiliki peran yang penting dalam menandai jeda, mengatur urutan, atau mengindikasikan informasi tertentu dalam kalimat. Berikut adalah penjelasan dan contoh penggunaan dari beberapa tanda baca yang Anda sebutkan:

Full Stop (Titik . )

Full stop, atau yang lebih dikenal sebagai titik, digunakan untuk mengakhiri kalimat. Ini menandai batas antara satu kalimat dengan kalimat berikutnya. Pada beberapa situasi full stop juga dapat digunakan untuk kata singkatan, contoh: e.g, ft. dan lain sebagainya.

  • Contoh: She enjoys reading novels. He prefers watching movies.

Comma (Koma , )

Koma digunakan untuk memisahkan elemen dalam suatu kalimat, seperti memisahkan kata/frasa, menghubungkan klausa dalam rangkaian, atau memisahkan elemen dalam daftar. Koma juga dapat digunakan untuk memisahkan dependent clause dan main clause.

  • Contoh: The sky was clear, and the sun was shining brightly. I need to buy eggs, milk, bread, and cheese from the store.

Ellipsis ( ... )

Ellipsis digunakan untuk menunjukkan penghapusan bagian dari teks atau untuk menciptakan jeda dramatis dalam tulisan. Ini juga bisa menandakan bahwa ada bagian dari kalimat yang dihilangkan dalam kutipan langsung. Ellipsis sering digunakan pada tulisan non formal.

  • Contoh: “The best is yet to come… “

Colon (Titik Dua : )

Titik dua digunakan sebelum menambahkan daftar, penjelasan, atau pernyataan yang terkait dengan apa yang telah diungkapkan sebelumnya. Colon juga dapar berfungsi untuk memisahkan dan memperjelas general statement.

  • Contoh: There are three things I love: reading, traveling, and spending time with family.

Semicolon (Titik Koma ; )

Titik koma digunakan untuk menghubungkan dua kalimat terkait yang bisa berdiri sendiri namun memiliki hubungan erat satu sama lain (Independen atau kalimat setara). Semicolon juga dapat digunakan untuk memisahkan kalimat setara dengan klausa sebagai ganti kata penghubung.

  • Contoh: She likes coffee; he prefers tea.

Question Mark (Tanda Tanya ? )

Tanda tanya digunakan di akhir kalimat untuk menunjukkan pertanyaan (direct question).

  • Contoh: Are you coming to the party tonight?

Exclamation Mark (Tanda Seru ! )

Tanda seru digunakan untuk mengekspresikan emosi yang intens seperti kegembiraan, kaget, kejutan, atau kemarahan. Tidak hanya itu tanda seru juga dapat digunakan untuk mengakhiri kata perintah.

  • Contoh: Congratulations on your promotion!

Quotation (Tanda Petik “ )

Tanda baca bahasa Inggris quotation atau petik digunakan untuk menandai teks yang dikutip langsung dari seseorang atau dari sumber tertentu.

Contoh: She said, “I’ll be there by 5 o’clock.”

Hyphen (Tanda Strip - )

Tanda strip digunakan untuk menghubungkan dua kata atau untuk membentuk kata majemuk, agar menjadi kata yang utuh pada compound word.

  • Contoh: well-known, high-speed

Slash (Garis Miring / )

Garis miring merupakan tanda baca bahasa Inggris yang digunakan untuk memisahkan atau menggabungkan kata-kata, frasa, atau angka.

  • Contoh: and/or, 10/12/2023

Parenthesis (Tanda Kurung () )

Tanda kurung digunakan untuk memasukkan informasi tambahan atau penjelasan ke dalam suatu kalimat tanpa mengganggu alur utama kalimat tersebut. Tanda baca kurung juga dapat digunakan untuk menambahkan pernyataan atau informasi.

  • Contoh: The conference (which lasted for three days) was very informative.

Apostrophe ( ‘ )

Apostrof digunakan untuk menunjukkan kepemilikan (possessive form) atau untuk menggantikan huruf yang dihilangkan dalam penggabungan kata (kontraksi).

  • Contoh: Sarah’s car is parked outside. Contoh kontraksi: I’m (I am) going to the store.

Dalam menulis, penggunaan tanda baca dalam bahasa Inggris adalah elemen yang cukup krusial untuk menjaga artikulasi dan makna suatu tulisan. Tanda baca bahasa Inggris juga berfungsi untuk menjaga tulisan dapat dipahami dengan mudah. Untuk kamu yang sedang belajar writing, atau belajar berbagai aspek bahasa Inggris lainnya yuk gabung di kampunginggrisonline.id dengan berbagai program berkualitas yang ditawarkan, kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara signifikan. Jangan lewatkan kesempatan untuk meraih kefasihan berbahasa Inggris yang diinginkan!

Info lebih lanjut? Klik tombol di bawah ini!

Masih bingung?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *