Contoh Kalimat Asking and Offering Help dalam Bahasa Inggris

kampunginggrisonline.id Daily conversation merupakan salah satu kemampuan berbahasa Inggris yang harus terus diasah setiap hari dan untuk berbagai situasi. Salah satu situasi yang harus dipelajari dan sering digunakan sehari-hari adalah meminta dan menawarkan bantuan yang dalam bahasa Inggris disebut “Asking and Offering Help” penawaran sederhana seperti “can I help you?” pada dasarnya juga sudah dapat digunakan untuk menawarkan bantuan. Tapi disituasi situasi atau kondisi tertentu pastinya kamu harus menggunakan kalimat yang lebih beragam agar tidak terkesan kaku dan monoton. Mau tahu apa saja contoh kalimat asking and offering help dalam bahasa Inggris? yuk simak artikel berikut ini hingga akhir.

Asking and Offering Help

Asking Help and Offering Help

Secara sederhana kita dapat mengartikan asking and offering help merupakan ungkapan dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk meminta atau menawarkan bantuan ketika sedang merasa kesulitan dan tidak bisa mengatasi sesuatu sendiri. Meminta dan menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara formal dan secara informal bergantung dengan situasi dan kondisi, serta lawan bicara.

Untuk membuat kalimat asking and offering help dalam bahasa Inggris, kita harus menguasai yang namanya modal auxiliary.

Modal auxiliary merupakan jenis kata kerja yang digunakan bersama dengan kata kerja lain untuk mengekspresikan perasaan, keadaan, atau kecenderungan tertentu dalam suatu kalimat. Modals sering digunakan untuk menyatakan kemungkinan, kewajiban, kemampuan, keinginan, dan kebutuhan, di antara banyak hal lainnya dan digunakan untuk membantu dalam membentuk struktur kalimat yang lebih kompleks dan beragam.

Ada tiga kategori utama modal auxiliary verbs: core modals, semi-modals, dan verbial modals.

  • Core Modals adalah jenis modals yang paling umum dan sering digunakan dalam bahasa Inggris. Core modals memiliki kemampuan untuk mengubah makna kalimat dengan mengekspresikan berbagai konsep seperti kemungkinan, kewajiban, ijin, keinginan, dan saran.
  • Semi Modals adalah kata kerja yang memiliki sifat modality tetapi cenderung lebih spesifik dalam penggunaannya daripada core modals.
  • Verbial Modals adalah konstruksi kata kerja yang menggunakan kata kerja bantu bersama dengan kata kerja infinitif untuk menyatakan modality.

Core Modals

Semi Modals

Verb Modals

Can

Dare to

Have to

Could

Need to

Going to

May

Used to

Able

Might

Ought to

 

Will

 

 

Would

 

 

Shall

 

 

Should

 

 

must

 

 

Contoh Ungkapan Asking for Help

Formal:

  1. Would you mind assisting me with this task, please? (Apakah Anda bersedia membantu saya dengan tugas ini, silakan?)
  2. Could you lend me a hand with this project, if you don’t mind? (Bisakah Anda memberi saya bantuan dengan proyek ini, jika tidak keberatan?)
  3. Might I trouble you for some help in understanding this document? (Bisakah saya meminta bantuan Anda dalam memahami dokumen ini?)
  4. Would it be possible for you to aid me in resolving this issue? (Apakah mungkin bagi Anda untuk membantu saya dalam menyelesaikan masalah ini?)
  5. May I request your support in completing this assignment on time? (Bolehkah saya meminta dukungan Anda dalam menyelesaikan tugas ini tepat waktu?)

Informal:

  1. Can you give me a hand with this, please? (Bisakah kamu memberi saya bantuan dengan ini, tolong?)
  2. Could you help me out with this, if you don’t mind? (Bisa bantu saya dengan ini, jika tidak keberatan?)
  3. Mind helping me figure this out? (Mau membantu saya memahami ini?)
  4. Can you lend me a hand with this problem? (Bisakah kamu membantu saya dengan masalah ini?)
  5. Could you do me a favor and assist me with this task? (Bisa tolong bantu saya dengan tugas ini?)

Cara Merespon Asking for Help

Formal:

  1. Certainly, I’d be happy to assist you with that task. (Tentu, saya akan senang membantu Anda dengan tugas itu.)
  2. Of course, I’m available to help you with the project. (Tentu saja, saya tersedia untuk membantu Anda dengan proyek tersebut.)
  3. Absolutely, I can provide some guidance in understanding the document. (Tentu sekali, saya dapat memberikan beberapa panduan dalam memahami dokumen tersebut.)
  4. Certainly, I’ll do my best to aid you in resolving the issue. (Tentu, saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.)
  5. Yes, I’m willing to offer my support to ensure the assignment is completed on time. (Ya, saya bersedia menawarkan dukungan saya untuk memastikan tugas selesai tepat waktu.)

Informal:

  1. Sure, I can give you a hand with that. (Tentu, saya bisa memberi Anda bantuan dengan itu.)
  2. Yeah, I can help you out with the project. (Ya, saya bisa membantu Anda dengan proyek tersebut.)
  3. No problem, I can help you figure this out. (Tidak masalah, saya bisa membantu Anda memahami ini.)
  4. Sure thing, I’ll lend you a hand with the problem. (Tentu, saya akan memberi Anda bantuan dengan masalah tersebut.)
  5. Yeah, I can do you a favor and assist you with the task. (Ya, saya bisa membantu Anda dengan tugas itu.)

Contoh Ungkapan Offering for Help

Formal:

  1. I would be more than happy to assist you with that matter. (Saya akan sangat senang untuk membantu Anda dengan hal itu.)
  2. Please let me know if there’s anything I can do to help. (Tolong beri tahu saya jika ada yang bisa saya lakukan untuk membantu.)
  3. If you require any assistance, feel free to reach out to me. (Jika Anda membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi saya.)
  4. I am at your disposal should you need any support. (Saya siap membantu jika Anda membutuhkan dukungan.)
  5. Allow me to offer my assistance in resolving this issue. (Biarkan saya menawarkan bantuan saya dalam menyelesaikan masalah ini.)

Informal:

  1. Need a hand with that? I’m here to help. (Butuh bantuan dengan itu? Saya di sini untuk membantu.)
  2. Let me know if you need a hand with anything. (Beritahu saya jika Anda butuh bantuan dengan apa pun.)
  3. If you need any help, just give me a shout. (Jika Anda butuh bantuan, beri tahu saya saja.)
  4. Want me to give you a hand with that? (Mau saya bantu dengan itu?)
  5. If you’re stuck, I can lend you a hand. (Jika Anda terjebak, saya bisa memberi Anda bantuan.)

Cara Merespon Offering for Help

Formal:

  1. Thank you, I appreciate your willingness to assist me. (Terima kasih, saya menghargai kesediaan Anda untuk membantu saya.)
  2. That would be very helpful, thank you for offering your support. (Itu akan sangat membantu, terima kasih telah menawarkan dukungan Anda.)
  3. I may take you up on that offer if I encounter any difficulties. (Saya mungkin menerima tawaran Anda jika saya mengalami kesulitan.)
  4. Your assistance would be invaluable, thank you for your generosity. (Bantuan Anda akan sangat berharga, terima kasih atas kebaikan Anda.)
  5. I’m grateful for your offer, and I’ll keep it in mind if I need help. (Saya bersyukur atas tawaran Anda, dan saya akan mengingatnya jika saya membutuhkan bantuan.)

Informal:

  1. Thanks, I could use some help with this. (Terima kasih, saya bisa menggunakan sedikit bantuan dengan ini.)
  2. Yeah, that’d be great, thanks for offering for help. (Ya, itu akan bagus, terima kasih telah menawarkan bantuan.)
  3. Sure, I’ll let you know if I need a hand. (Tentu, saya akan memberi tahu Anda jika saya membutuhkan bantuan.)
  4. Thanks a bunch, I might take you up on that offer later. (Terima kasih banyak, saya mungkin menerima tawaran Anda nanti.)
  5. I’ll give you a shout if I get stuck. (Saya akan memberi tahu Anda jika saya kesulitan.)

Nah itulah contoh kalimat asking and offering help dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk meminta tolong ataupun menawarkan pertolongan ke orang lain. Ingin belajar bahasa Inggris lebih intensif, yuk gabung di kampunginggrisonline.id. Kami menyediakan berbagai macam program peningkatan kemampuan berbahasa Inggris akademik, mulai dari level basic, intermediate, advanced untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL ataupun IELTS.

Penasaran dengan apa saja pilihan program yang kami sediakan! Yuk konsultasi bersama admin kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *