Mengenal Either dan Neither serta Bagaimana Menggunakannya

kampunginggrisonline.id (Mengenal Either dan Neither) – Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki aturan dan struktur yang harus kita kuasai apabila ingin fluent berbahasa Inggris. Menguasai tata bahasa dalam bahasa Inggris sangat penting agar kita bisa menulis dan berbicara dengan benar, alhasil informasi yang berusaha kita sampaikan dapat dipahami dengan baik.

Mengenal Either dan Neither

Mengenal Either dan Neither

Either dan Neither merupakan verb yang banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Meski terdengar serupa kedua kata ini memiliki arti dan penggunaan yang sangat berbeda loh. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar dan mengenal Either dan Neither, bagaimana pengertian, penggunaan serta contohnya.

Apa itu Either?

Either adalah kata yang digunakan untuk menyatakan satu dari dua pilihan atau lebih. Either digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki dua opsi dan dapat memilih salah satunya atau keduanya. Misalnya: “You can have either tea or coffee.” Kata either digunakan untuk memberikan pilihan atau opsi, maka dari itu seringkali kita jumpai kata “or” ketika menggunakan either.

Either, dapat digunakan sebagai adjective (kata sifat), pronoun (kata ganti), conjunction (kata hubung), dan adverb (kata keterangan):

Either Sebagai Adjective (Kata Sifat)

Sebagai adjective, either digunakan untuk memodifikasi kata benda (noun) dan memberikan informasi lebih lanjut tentang pilihan atau objek yang ada. Pada penggunaan sebagai kata sifat either diartikan “tiap” atau “di keduanya”

Contoh:

(She drew some cows on either side of her book covers) Dia menggambar beberapa sapi di kedua sisi sampul bukunya.

Pronoun (Kata Ganti)

Penggunaan either sebagai pronoun, kata ganti digunakan untuk menggantikan atau merujuk kepada pilihan atau objek yang telah disebutkan sebelumnya dalam konteks kalimat. Jadi either pada pronoun berarti “salah satunya”

Contoh:

(I have two books, and you can borrow either, to read at home) aku memiliki dua buku dan kamu bisa meminjam salah satunya, untuk dibaca di rumah.

Either Sebagai Conjunction (Konjungsi)

Sebagai conjunction, either digunakan bersama dengan “or” untuk menghubungkan dua pilihan atau alternatif dalam kalimat. Pada penggunaan sebagai konjungsi either diartikan menjadi “baik… atau…”

Contoh:

(You can have either tea or coffee) kamu bisa memilih teh atau kopi.

Either Sebagai Adverb (Kata Keterangan)

Sedangkan either sebagai adverb, digunakan untuk menggambarkan tindakan atau keadaan yang menunjukkan bahwa satu pilihan atau alternatif juga dapat terjadi. Penggunaan either pada adverb berarti “juga” atau “pula”.

Contoh:

(My mother hasn’t eaten since morning, and neither have I) Ibuku belum makan dari pagi, dan aku juga belum.

Apa itu Neither?

Neither adalah kata yang digunakan untuk menyatakan bahwa tidak ada dari dua pilihan atau lebih yang cocok atau diinginkan. Ini digunakan untuk menunjukkan tidak setujuan atau ketidakcocokan terhadap dua pilihan, neither digunakan sebagai kata keterangan untuk menunjukkan negasi dari dua hal atau lebih, contoh: “I don’t like durians or jengkols” “saya tidak suka durian atau jengkol” dari pernyataan tersebut bisa kamu jawab dengan pernyataan “neither do I” yang berarti “aku juga tidak.”

Ungkapan tersebut dapat digunakan untuk menyatakan bahwa kamu juga sependapat dengan pernyataan yang dibicarakan oleh orang yang baru saja berbicara.

Neither Sebagai Adjective (Kata Sifat)

Sebagai adjective, neither digunakan untuk memodifikasi kata benda (noun) dan memberikan informasi lebih lanjut tentang pilihan atau objek yang ada. Ini biasanya digunakan untuk menyatakan bahwa tidak ada satu dari dua pilihan yang diinginkan “tidak ada”.

Contoh: (Neither option is suitable) Tidak ada pilihan yang cocok.

Neither Sebagai Pronoun (Kata Ganti)

Hampir sama dengan adjective, sebagai pronoun, neither digunakan untuk menggantikan atau merujuk kepada pilihan atau objek yang telah disebutkan sebelumnya dalam konteks kalimat. Ini menunjukkan bahwa tidak ada dari pilihan tersebut yang diinginkan.

Contoh:

(I have two shirts, but neither is my favorite) Saya punya dua baju, tapi tidak ada yang menjadi favorit saya.

Neither Sebagai Conjunction (Kata Hubung)

Sementara sebagai conjunction, neither digunakan bersama dengan “nor” untuk menghubungkan dua pilihan atau alternatif dalam kalimat. Ini digunakan untuk menyatakan tidak setujuan terhadap kedua pilihan tersebut, pada konjungsi neither diartikan “tidak… maupun…”

Contoh:

(Neither the red car nor the blue car is within my budget) Baik mobil merah maupun mobil biru tidak sesuai anggaran saya.

Neither Sebagai Adverb (Kata Keterangan)

Yang terakhir sebagai adverb, neither digunakan untuk menggambarkan tindakan atau keadaan yang menunjukkan bahwa kedua pilihan atau alternatif tidak terjadi atau tidak diinginkan, maka pada adverb, neither diartikan “juga tidak”.

Contoh:

(I can neither confirm nor deny the allegations) Saya tidak bisa mengkonfirmasi atau menyangkal tuduhan tersebut.

Neither Sebagai Adverb (Kata Keterangan)

Yang terakhir sebagai adverb, neither digunakan untuk menggambarkan tindakan atau keadaan yang menunjukkan bahwa kedua pilihan atau alternatif tidak terjadi atau tidak diinginkan, maka pada adverb, neither diartikan “juga tidak”.

Contoh:

(I can neither confirm nor deny the allegations) Saya tidak bisa mengkonfirmasi atau menyangkal tuduhan tersebut.

Perbedaan Either dan Neither

Penggunaan either dan neither pada adverb memiliki makna yang identik yaitu digunakan untuk menyatakan “juga” akan tetapi penerapan penggunaannya berbeda. Either digunakan untuk menyatakan klausa negatif, kata “either” diletakkan di akhir kalimat. contoh: “I don’t either” yang berarti “saya juga tidak…” sementara neither digunakan untuk menyatakan kalimat yang klausanya positif, kata “neither” diletakkan di awal kalimat. “neither do I” yang berarti “saya juga tidak!”

Kesalahan Umum Penggunaan Either dan Neither

Berikut adalah beberapa kesalahan umum penggunaan either dan neither yang sering dilakukan dalam bahasa Inggris.

Penggunaan “nor” dan “or”

Kesalahan umum yang pertama adalah menggunakan nor dengan either. Nor seharusnya digunakan bersama dengan “neither” untuk menyatakan tidak setujuan terhadap dua pilihan.

  • Either + or
  • Neither + nor

Penggunaan “either” dalam Kalimat Negatif

Either seharusnya digunakan untuk menyatakan kalimat positif atau kalimat tanya untuk mengindikasikan pilihan. Penggunaan either dalam kalimat negatif adalah kesalahan. Contoh: “I want neither of those.”

Salah Penempatan “Either” atau “Neither”

Pemilihan tempat yang salah dalam kalimat merupakan kesalahan umum lainnya. Either dan neither harus ditempatkan dengan benar dalam kalimat untuk menjaga keterbacaan dan makna yang jelas. Both either dan neither harus ditempatkan sebelum kata benda atau frase yang mereka rujuk.

Penggunaan lebih dari Dua Pilihan

Either dan neither seharusnya digunakan dalam konteks dengan dua alternatif atau dua pilihan, bukan lebih dari dua. Jika kamu memiliki lebih dari dua pilihan, pertimbangkan penggunaan kata yang lebih tepat seperti “any” atau “none.”

Penggunaan Kata Ganti yang Salah

Either dan neither sering digunakan sebagai kata ganti. Namun, di beberapa kesempatan banyak yang salah dalam menggunakannya, seperti menggunakan neither saat seharusnya menggunakan either, atau sebaliknya.

Itulah materi kita hari ini mengenai mengenal Either dan Neither dalam bahasa Inggris. dengan memahami kedua kata ini penguasaan bahasa Inggrismu untuk mengekspresikan penolakan akan lebih kompleks dan fluent. Punya kebingungan lain untuk penggunaan kata dalam bahasa Inggris? comment di bawah sini siapa tahu akan kami buatkan materinya agar kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Mau lebih efisien dan efektif lagi dalam belajar bahasa Inggris? ambil program kursus online yuk! Kamu bisa belajar bahasa Inggris meski hanya dari rumah, ditemani tutor profesional dan berpengalaman yang akan bantu kamu Advanced English dalam waktu singkat.

Masih bingung? Klik tombol di bawah ini!

Masih bingung?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *