Sakit dalam Bahasa Inggris, Perbedaan Sick, ill, Pain, Hurt, & Ache

kampunginggrisonline.id – Tahukah kamu ada banyak sekali cara untuk mengungkapkan kata sakit dalam bahasa Inggris! Beda kriteria sakit dalam bahasa Inggris beda pula istilah yang harus digunakan. Kata yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan sakit dalam bahasa Inggris adalah “sick” padahal ada banyak kata lain yang harus kamu ketahui untuk mengungkapkan sakit dalam bahasa Inggris sesuai dengan apa yang kamu rasakan. Sebelum kita masuk pada pembahasan utama mengenai perbedaan kata sakit dalam bahasa Inggris, kamu bisa pelajari terlebih dahulu mengenai nama penyakit dalam bahasa Inggris agar kamu bisa membuat sebuah kalimat yang pas dengan apa sakit yang sesuai dengan keluhanmu atau orang terdekatmu.

Sakit dalam Bahasa Inggris

Ungkapan Sakit dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah tercantum dalam judul, untuk menyatakan rasa sakit dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa kata yang bisa digunakan, yaitu Sick, Pain, ill, Hurt, & Ache. Apa saja perbedaannya, berikut penjelasan lengkapnya:

Sick

Kurang Sehat Secara Fisik

I can’t come to work today because I’m feeling sick. (Saya tidak bisa datang kerja hari ini karena saya merasa sakit.)

Kurang Sehat Secara Emosional

After the breakup, she felt sick with grief. (Setelah putus, dia merasa sakit karena kesedihan.)

Sakit yang Disebabkan Objek Lain

The sick smell of the food makes me nauseous. (Bau makanan yang tidak enak membuatku mual.)

Moral Rusak

His behavior towards others is sick; he needs to seek help. (Perilakunya terhadap orang lain sangat tidak baik; dia perlu mencari bantuan.)

Pujian (slang)

That skateboard trick was sick! (Triks skateboard itu keren banget!)

Pain

Kata lain yang dapat digunakan untuk menjelaskan rasa sakit dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah pain! Jika kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata pain memiliki arti nyeri. Kata pain dapat digunakan untuk menjelaskan rasa sakit atau gangguan yang dirasakan oleh bagian tubuh secara fisik. Pain digunakan untuk mewakili rasa perih, nyeri, berdenyut, sakit yang menusuk dan sakit-sakit lain karena luka.

Contoh kalimat Pain

Perih

The hot coffee spilled on my hand, causing a sharp burning pain. (Kopi panas tumpah di tangan saya, menyebabkan rasa sakit yang tajam dan terbakar.)

Nyeri

She winced in pain as the dentist drilled into her tooth. (Dia meringis kesakitan ketika dokter gigi menggerinda giginya.)

Berdenyut-denyut

The migraine caused a pulsating pain behind my eyes. (Migrain menyebabkan rasa sakit yang berdenyut-denyut di belakang mata saya.)

Sakit yang menusuk

With every breath, there was a stabbing pain in my chest. (Setiap kali bernafas, ada rasa sakit yang menusuk di dada saya.)

Ill

Konteks penggunaan ill hampir sama dengan konteks penggunaan kata sick, yang mana ill digunakan untuk mendeskripsikan keadaan sakit karena kesehatan sedang terganggu atau sakit. Ill sering dianggap sedikit lebih formal atau lebih baku daripada sick. Misalnya, dalam situasi formal atau resmi maka cenderung akan menggunakan ill. Perbedaan lainnya adalah mengenai tingkat keparahan penyakit. Ill digunakan dalam konteks yang lebih kronis sementara sick digunakan pada konteks yang lebih ringan.

Contoh Kalimat Ill

  • She has been feeling ill for several days, so she decided to stay home and rest. (Dia sudah merasa sakit beberapa hari, jadi dia memutuskan untuk tinggal di rumah dan istirahat.)
  • The doctor diagnosed him with a serious illness that requires immediate treatment. (Dokter mendiagnosisnya dengan penyakit serius yang membutuhkan perawatan segera.)
  • Despite feeling ill, she insisted on attending the important meeting. (Meskipun merasa tidak sehat, dia bersikeras untuk menghadiri pertemuan penting tersebut.)
  • He looked pale and weak, indicating that he was still feeling ill from the flu. (Dia terlihat pucat dan lemah, menunjukkan bahwa dia masih merasa sakit karena flu.)
  • The sudden change in weather made many people feel ill and under the weather. (Perubahan cuaca yang tiba-tiba membuat banyak orang merasa tidak enak badan dan kurang sehat.)

Hurt

Penggunaan kata hurt dalam bahasa Inggris juga memiliki konteks yang cukup luas. Kata hurt digunakan untuk menggambarkan rasa sakit baik secara fisik ataupun secara emosional tergantung dari penggunaan konteks kalimatnya.

Contoh Kalimat Hurt

Sakiti secara fisik

  • He hurt his ankle while playing soccer. (Dia melukai pergelangan kakinya saat bermain sepak bola.)
  • The cut on her finger really hurts. (Luka di jarinya sangat sakit.)

Sakiti secara emosional

  • Her harsh words hurt his feelings. (Kata-katanya yang kasar menyakiti perasaannya.)
  • It hurts me to see you so upset. (Menyakitkan bagi saya melihatmu begitu sedih.)

Menyakiti orang lain

  • Stealing from others will only hurt them in the long run. (Mencuri dari orang lain hanya akan merugikan mereka dalam jangka panjang.)
  • Gossiping about someone can hurt their reputation. (Menggosip tentang seseorang bisa merusak reputasinya.)

Kesakitan

  • He hurt all over after the intense workout. (Dia merasa sakit di seluruh tubuh setelah latihan yang intens.)
  • Her expression showed that she was hurt by his actions. (Ekspresinya menunjukkan bahwa dia merasa tersakiti oleh tindakannya.)

Ache

Kata terakhir yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan sakit dalam bahasa Inggris adalah ache, merupakan rasa sakit yang dialami secara terus menerus akan tetapi dalam intensitas yang tidak terlalu parah dan levelnya di bawah pain. Kata ache juga dapat diterapkan sebagai compounding word ketika digabungkan dengan bagian tubuh yang sedang merasa kurang baik, misalnya:

  • Sakit kepala (headache)
  • Sakit gigi (toothache)
  • Sakit punggung (backache)
  • Sakit hati (heartache)
  • Sakit otot (muscle ache)
  • Sakit perut (stomach ache)

Contoh Kalimat Ache

  • My headaches after staring at the screen for hours. (Kepalaku terasa pusing setelah menatap layar selama berjam-jam.)
  • She felt an ache in her heart when she saw her childhood home demolished. (Dia merasakan sakit di hatinya saat melihat rumah masa kecilnya dirobohkan.)
  • His back aches from lifting heavy boxes all day. (Punggungnya terasa sakit akibat mengangkat kotak-kotak berat sepanjang hari.)
  • The toothache kept him up all night in agony. (Sakit giginya membuatnya begadang semalaman dalam penderitaan.)
  • Her muscles ache after completing the marathon. (Otot-ototnya terasa sakit setelah menyelesaikan maraton.)

Nah itulah beberapa kosa kata yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan rasa sakit dalam bahasa Inggris. Agar kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki bisa meningkat, yuk gabung di kampunginggrisonline.id kamu bisa belajar bahasa Inggris via online di kelas interaktif bersama teman-teman dan juga tutor bersertifikat dan berpengalaman, ada juga kelas eksklusif untuk kamu yang ingin belajar dengan lebih fokus dan private.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *