Syarat Kerja di Luar Negeri yang Harus Kamu Ketahui

kampunginggrisonline.id – Ingin menjelajahi dunia sambil mengumpulkan pundi-pundi? Mungkin pekerjaan di luar negeri bisa menjadi pilihan yang menarik bagi kamu. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa syarat kerja di luar negeri yang harus kamu ketahui. Dari persiapan dokumen hingga pemahaman budaya setempat, artikel ini akan membahas semua hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai karir internasional. Jadi, siapkah kamu merajut mimpi kerja di luar negeri? Yuk simak artikel berikut ini hingga akhir agar kamu tidak melewatkan hal-hal wajib yang harus dipersiapkan untuk kerja di luar negeri.

Syarat Kerja di Luar Negeri

Syarat Kerja di Luar Negeri

Usia Minimal

Mayoritas negara mensyaratkan usia minimal yang ditetapkan untuk bisa bekerja di luar negeri adalah 18 tahun untuk pekerjaan yang tidak terikat. Untuk pekerjaan yang sifatnya kontrak biasanya mensyaratkan usia yang lebih tinggi, yaitu rentan usia 20 hingga 40 tahun.

Persiapan Dokumen

Mengurus dokumen adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum bekerja di luar negeri. Dokumen-dokumen penting yang biasanya diperlukan termasuk paspor yang masih berlaku, visa kerja, dan surat dokter yang menyatakan bahwa kamu dalam keadaan sehat yang baik. Selain itu, ada juga kemungkinan kamu perlu mengurus sertifikat pendidikan dan pengalaman kerja untuk memenuhi persyaratan kerja di negara tujuanmu. Pastikan kamu memeriksa persyaratan dokumen yang spesifik untuk negara tujuanmu sebelum memulai proses pengurusan dokumen.

Bahasa dan Budaya

Bekerja di luar negeri juga membutuhkan pemahaman tentang bahasa dan budaya setempat. Hal ini sangat penting dalam membangun hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja dan atasanmu, serta memudahkanmu dalam berkomunikasi sehari-hari. Jika kamu tidak fasih dalam bahasa setempat, pertimbangkan untuk mengikuti kursus bahasa sebelum berangkat. Apakah kamu memutuskan untuk kerja di Amerika, benua Eropa lainnya atau di Asia.

Selain itu, luangkan waktu untuk mempelajari budaya, tradisi, dan norma-norma negara yang menjadi destinasi tujuan keriermu. Menghormati dan memahami budaya setempat akan membantu kamu beradaptasi dengan cepat dan sukses dalam lingkungan kerja yang baru.

Keterampilan dan Pengalaman Kerja

Setiap negara memiliki persyaratan keterampilan dan pengalaman kerja yang berbeda. Beberapa negara mungkin memerlukan sertifikat pendidikan khusus atau pengalaman kerja minimum dalam bidang tertentu. Pastikan kamu memeriksa persyaratan ini sebelum melamar pekerjaan di luar negeri. Jika kamu ingin meningkatkan peluangmu, pertimbangkan untuk mengambil kursus atau menyempurnakan keahlian di bidang yang diminati. Tetaplah berusaha untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengalaman kerjamu agar kamu menjadi kandidat yang menarik bagi perusahaan di luar negeri.

Keuangan dan Asuransi

Sebelum berangkat bekerja di luar negeri, pastikan kamu mengatur situasi keuanganmu dengan baik. Pertimbangkan biaya hidup, perhitungan pajak, dan pengeluaran lainnya yang akan kamu hadapi di negara tujuanmu. Beberapa program seperti WHV biasanya juga mensyaratkan kepemilikan dana dengan jumlah tertentu untuk bertahan selama masa pencarian kerja di Australia. Pastikan juga kamu memahami sistem perbankan dan mata uang yang digunakan di sana. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan untuk melindungi dirimu dari situasi yang tidak diinginkan.

Cara Mencari Kerja di Luar Negeri

Di negara maju umumnya menerapkan upah kerja berdasarkan jam kerja. Jadi apapun pekerjaannya, memiliki hak yang cukup tinggi. Lalu bagaimana cara aplikasi kerja di luar negeri? berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

Cari Lowongan Kerja

Salah satu cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri yang pertama yaitu dengan cara melihat langsung di perusahaan mana yang sedang membutuhkan pekerja. Pastikan apakah perusahaan dan jenis pekerjaan yang tersedia menerima pekerja yang berasal dari luar negeri. Pastikan lowongan kerja yang tersedia kredibel dan terjamin, karena tidak menutup kemungkinan terjadi skimming, penipuan ataupun tindak kejahatan lainnya.

Lowongan Melalui Job Portal

Mengingat semakin canggihnya teknologi dan informasi, kamu bisa memanfaatkan situs-situs job portal yang umum digunakan di luar negeri. Sebelum itu pastikan portofolio yang kamu miliki sudah cukup baik dan bisa meyakinkan penyeleksi kerja agar mau memberikan kesempatan tersebut kepadamu.

Freelancer

Sudah pernah mendengar istilah freelancer? Freelancer merupakan salah satu cara kerja yang berkembang seiring dengan majunya internet dan teknologi. Seorang freelancer bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja. Jadi kamu bisa mengerjakan suatu pekerjaan hanya dari rumah akan tetapi memiliki pendapatan rata-rata negara maju.

Program Magang

Program magang merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan di luar negeri tanpa memerlukan keahlian khusus, yang menariknya lagi magang di luar negeri juga akan mendapatkan hak gaji yang cukup fantastis. Akan tetapi untuk magang biasanya terdapat batas waktu maksimum yang tidak dapat diperpanjang kembali apabila telah sampai tenggang waktu.

Volunteer

Meskipun tidak bisa disebut secara resmi sebagai sebuah pekerjaan, kegiatan volunteer bisa menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat dan menunjang portofolio untuk melamar kerja di kesempatan lain. Selain itu melalui kegiatan volunteer, juga bisa kamu manfaatkan untuk membangun relasi dan menunjukkan kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki pada organisasi tersebut.

Melalui Agen (Talent Pool)

Mencari pekerjaan melalui agen memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan apabila kamu mencari pekerjaan melalui agen adalah tidak perlu repot-repot mencari lowongan secara mandiri, biasanya agen telah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama di luar negeri, pilihannya pun juga beragam. Akan tetapi biasanya agen juga akan meminta sejumlah nominal pembayaran sesuai dengan kesepakatan. Jika kamu belum memiliki modal, agen biasanya juga menawarkan sistem persentase yaitu berupa potongan gaji ketika sudah bekerja di luar negeri.

Working Holiday Visa

Working Holiday Visa atau yang lebih umum disebut WHV merupakan visa yang memperbolehkan warga negara asing untuk tinggal sementara di suatu negara dan bisa mengambil kerja sampingan. Untuk bisa memperoleh Visa WHV kamu harus sudah kuliah minimal S1 selama dua tahun.

Itulah syarat kerja di luar negeri yang harus kamu ketahui dan cara-cara mencari kerja di luar negeri. Jangan lupa persiapkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki bersama kampunginggrisonline.id agar kamu makin fasih berbahasa Inggris dan berkesempatan meniti karier di luar negeri. Tidak hanya bahasa Inggris untuk kebutuhan sehari-hari saja, di lembaga kami, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris untuk persiapan tes TOEFL ataupun IELTS yang merupakan salah satu syarat wajib yang harus kamu penuhi apabila ingin bekerja di luar negeri. Di sini kamu akan belajar secara online melalui zoom premium interaktif bersama tutor terbaik dan berpengalaman. Ada pre test dan post test yang bisa kamu jadikan ukuran sejauh mana perkembangan bahasa Inggrismu ketika belajar bahasa Inggris bersama kami.

Tunggu apa lagi Info lebih lanjut, yuk konsultasi bersama tim ahli kampunginggrisonline.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *