fbpx

Kuliah Sambil Kerja di Amerika

Kuliah Sambil Kerja di Amerika

Kuliah Sambil Bekerja di Amerika: Program CPT, OPT, & Work on-Campus

kampunginggrisonline.id (Kuliah Sambil Kerja di Amerika) – Selain berkuliah di luar negeri, biasanya mahasiswa internasional juga ingin merasakan pengalaman bekerja secara profesional di negera tempat studinya sebagai batu loncatan karir setelah lulus. Kuliah sambil bekerja di luar negeri dapat menjadi pilihan yang menarik bagi mahasiswa internasional yang ingin meningkatkan kualifikasi dan pengalaman kerja mereka. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan ini, seperti biaya, waktu, dan kesesuaian dengan rencana karier.

Nah tahukan kamu jika mahasiswa internasional di Amerika mendapatkan beberapa kesempatan atau program kuliah sambil kerja loh! Beberapa program kuliah sambil kerja di Amerika antara lain: CPT, OPT dan Work-on Campus. Penasaran dengan istilah tersebut? Yuk mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Tentang CPT, OPT dan Work on-Campus

Siswa internasional di Amerika Serikat dapat memperoleh pengalaman kerja saat studi melalui peluang kerja di kampus, seperti Curricular Practical Training (CPT), dan/atau Optional Practical Training (OPT). Siswa CPT dan OPT harus memenuhi persyaratan umum terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan peluang kerja ini, yaitu menyelesaikan tahun pertama studi mereka sebelum mereka memenuhi syarat untuk salah satu program ini. Sedangkan untuk Work-on Campus tersedia setiap waktu bagi mahasiswa yang ingin mengikutinya.

Adapun penjelasan lengkap dari Curricular Practical Training (CPT), Optional Practical Training (OPT), dan Work-on Campus bisa kamu simak di bawah ini!

Curricular Practical Training (CPT)

Curricular Practical Training (CPT) adalah program yang memungkinkan mahasiswa asing yang dalam masa studi di Amerika Serikat untuk melakukan magang atau pekerjaan yang terkait dengan program studi mereka. CPT diatur oleh Departemen Imigrasi dan Perlindungan Negara (DHS) dan diurus oleh kampus tempat mahasiswa tersebut belajar. Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini harus mendapatkan persetujuan dari kampus dan perusahaan tempat mereka akan melakukan magang. CPT juga dibatasi waktu dan jumlah jam kerja yang diizinkan.

Untuk beberapa program studi, magang CPT adalah persyaratan yang harus diselesaikan sebelum lulus. Selain sebagai kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai bidang studi, CPT juga membantu networking.

Optional Practical Training (OPT)

Optional Practical Training (OPT) adalah program yang ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat yang memungkinkan mahasiswa asing yang telah lulus dari universitas di AS untuk bekerja di negara tersebut selama beberapa tahun setelah lulus. Program ini ditujukan untuk memberikan pengalaman kerja yang bermanfaat bagi para mahasiswa asing dan membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarir di bidang yang mereka minati. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini harus memiliki status F-1 dan harus diakui oleh universitas tempat mereka menyelesaikan studi. Durasi waktu yang diizinkan untuk bekerja dalam program ini bervariasi tergantung pada jenis studi yang telah dilakukan oleh mahasiswa.

OPT memungkinkan mahasiswa untuk bekerja di luar kampus/internship di bidang studi mereka dengan mengajukan izin kerja terlebih dahulu. Terdapat 2 jenis OPT yang bisa didapatkan oleh mahasiswa internasional, yaitu:

  • Pre-Completion OPT (sebelum lulus). Biasanya 20-40 jam/minggu saat musim panas.
  • Post-Completion OPT (setelah lulus). Biasanya 12 bulan setelah lulus (untuk program STEM bisa mengajukan perpanjangan).

Work on-Campus

Program Work on-Campus adalah program yang ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat kepada mahasiswa asing yang berstatus F-1 yang memungkinkan mereka untuk bekerja di universitas tempat mereka belajar. Program ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk mendapatkan pengalaman kerja yang bermanfaat dan membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarir di bidang yang mereka minati. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini dapat bekerja di berbagai posisi di universitas, seperti asisten penelitian, asisten administrasi, atau asisten pengajar. Durasi waktu yang diizinkan untuk bekerja dalam program ini sangat terbatas dan ditentukan oleh universitas tempat mahasiswa belajar.

Dalam program ini, siswa internasional dapat bekerja di kampus hingga 20 jam per minggu saat sekolah berlangsung dan hingga 40 jam per minggu selama liburan musim panas. Untuk pekerjannya, banyak pekerjaan di kampus yang dapat didaftar seperti mengajar, bekerja di lab, atau administrasi fakultas dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Sambil Bekerja di Luar Negeri

Salah satu keuntungan dari kuliah sambil bekerja di luar negeri adalah kamu akan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga dari negara tersebut. Ini dapat membantu kamu dalam memperluas jaringan dan membuat kamu lebih diakui di pasar kerja global. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang budaya dan cara kerja yang berbeda, yang dapat membantu kamu menjadi lebih adaptif dan fleksibel dalam bekerja dengan orang dari berbagai latar belakang. Ini adalah pengalaman yang berbeda jika mungkin selama ini kamu bercakap-cakap dengan orang asing mengandalkan situs chatting dengan native speaker saja.

Namun, kuliah sambil bekerja di luar negeri juga memiliki beberapa keterbatasan. Biaya akan menjadi salah satu masalah utama, terutama jika kamu harus membayar uang sekolah yang lebih tinggi dan mengeluarkan uang untuk tempat tinggal dan biaya hidup di negara tersebut. Selain itu, kamu juga harus siap untuk menangani tekanan yang mungkin muncul dari mencoba menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kuliah.

Secara keseluruhan, kuliah sambil bekerja di luar negeri dapat menjadi pilihan yang menguntungkan bagi beberapa orang, namun perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk melakukannya. Jika kamu memutuskan untuk melakukannya, pastikan untuk membuat rencana yang baik dan melakukan riset sebelumnya untuk memastikan bahwa kamu dapat mengatasi tantangan yang mungkin muncul dan mengoptimalkan keuntungan yang didapat.

Nah itulah tadi ulasan menarik tentang program kuliah sambil bekerja di Amerika Serikat. Baik kuliah maupun bekerja atau mengerjakan dua hal tersebut sekaligus tentunya membutuhkan rencana dan manajemen waktu yang matang. Selain itu, bagi kamu yang mungkin masih belum bisa menentukan ingin berkuliah di luar atau di dalam negeri ada baiknya untuk segera memutuskan. Karena kebutuhanmu akan studi dan tujuan tempat belajar tentunya berbeda. Maka dari itu, kenali kebutuhan belajarmu mulai dari sekarang. Apakah kamu hanya membutuhkan kursus bahasa Inggris? Apakah kamu hanya membutuhkan bimbel SNBT online atau offline? Atau malah kesemuanya?!

1 thought on “Kuliah Sambil Kerja di Amerika: Program CPT, OPT & Work-on Campus”

  1. Pingback: 16 Kepribadian untuk Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan MBTI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *