Tips Menulis Esai Chevening Scholarship yang Baik dan Benar

kampungginggrisonline.id (Tips Menulis Esai Chevening Scholarship yang Baik dan Benar) – Salah satu beasiswa yang cukup bergengsi yang ada di Inggris, adalah Chevening Scholarship. Periode pendaftaran untuk beasiswa Chevening Scholarship biasanya dibuka pada bulan Agustus hingga bulan November. Untuk mendaftar beasiswa Chevening tentunya kamu memerlukan kelengkapan berkas dan melengkapi seluruh persyaratannya jauh-jauh hari. Salah satu persyaratan penting dari beasiswa Chevening adalah esai (essay). Esai dalam berkas lamaran beasiswa memiliki peran yang cukup penting yaitu untuk meyakinkan penyeleksi beasiswa agar tertarik dan menerima ide, pandangan sikap dari tulisan sistematik dan terstruktur yang dibuat. Esai digunakan untuk menilai keseriusan dan juga bagaimana rekam jejak pelamar yang mau mendaftar beasiswa.

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship

Agar kamu bisa membuat esai yang baik dan benar tentunya kamu harus mengetahui apa saja bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah esai, nah untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips menulis esai Chevening Scholarship dan menghindari kesalahan. Di akhir artikel juga akan kami berikan apa saja persyaratan mendaftar beasiswa Chevening.

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship yang Baik dan Benar

Dalam menulis esai untuk mendaftar beasiswa biasanya terdapat ketentuan tertulis yang diminta oleh penyelenggara beasiswa. Jadi sebelum kamu menulis esai dengan panjang dan lebar pastikan kamu telah mengetahui bagaimana ketentuan dan format yang diharapkan oleh penyelenggara beasiswa. Esai untuk mendaftar beasiswa Chevening setidaknya mencakup beberapa bagian utama, yaitu Leadership and influencing, networking, study in UK, dan career plan. Nah penasaran bagaimana cara menulis esai yang baik dan beanar, berikut ulasan lengkapnya:

Leadership and influencing

Seperti judulnya pada bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk menjelaskan pengalaman kepemimpinan dan pengaruh baik yang kamu berikan pada masyarakat sekitarmu. Pada bagian ini jangan hanya menyebutkan pengalaman-pengalaman keorganisasian atau kepanitiaan yang pernah kamu lakukan, karena hal tersebut pastinya sangat membosankan. Kamu bisa memberikan contoh-contoh nyata bagaimana peran dan pengaruh keberadaanmu terhadap keberhasilan misi suatu organisasi. Sebagai contoh ketika kamu turut serta dalam suatu kepanitiaan dan menjadi ketua dari kepanitiaan tersebut pastinya banyak capaian-capaian yang akan kamu lalui. Pencapaian tersebut bisa kamu jelaskan pada esai yang sedang kamu tulis. Jelaskan juga kendala-kendala yang kamu lalui dan bagaimana kamu mengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. sebagai penguat kamu bisa menyebutkan berapa anggota tim yang kamu pimpin dalam mengelola suatu kegiatan.

Networking

Bagian selanjutnya yang juga harus ada pada esai untuk mendaftar beasiswa Chevening adalah bagian networking. Sistematika dalam menulis bagian networking juga hampir sama dengan penulisan pada bagian Leadership and influencing, yang mana jangan hanya menyebutkan dengan siapa jejaring yang kamu bangun. Tapi tuliskan bagaimana kamu bisa memperoleh koneksi networking-mu dan jangan lupa selalu berikan contoh nyatanya. Ceritakan dengan menarik bagaimana kamu bisa memperoleh koneksi baru, seperti dengan cara mengikuti sebuah kegiatan organisasi, volunteer, internship, dan lain sebagainya. Selain bagaimana cara mendapatkan koneksi baru kamu juga harus bisa mempertahankan koneksi tersebut dengan tetap berhubungan baik dengan koneksi baru yang terlah terbangun meskipun program dimana kamu mendapatkan koneksi tersebut telah usai. Sebutkan dengan jelas bagaimana langkah yang kamu ambil bukan hanya menyebutkan “kami tetap terkoneksi dengan cara video call setiap malam” lebih lanjut jelaskan juga dampak baik yang kamu peroleh dari networking tersebut dengan tujuan-tujuan besar yang kamu miliki. Pada sesi networking ini kamu juga bisa jelaskan bagaimana dampak networking yang akan kamu peroleh apabila berhasil menjadi penerima beasiswa Chevening serta apa kontribusi yang akan kamu berikan terhadap komunitas alumni Chevening nantinya.

Study in UK

Bagian selanjutnya yang talah penting yang harus kamu pahami mengenai apa saja yang harus tersebut pada part study in UK. Pada part study in UK kamu harus bisa menjelaskan alasan kuat kamu mengambil program studi yang kamu ingin ambil. Perkuat alasan yang kamu bangun dengan pengalaman-pengalaman linier mengenai program studi tersebut agar meyakinkan penyeleksi beasiswa. Jangan lupa mengapa kamu memilih UK sebagai negara yang paling baik untuk kamu melanjutkan studi. Agar tulisan pada bagian ini memiliki kesan, jangan menuliskan keunggulan umum yang semua orang tahu mengenai universitas tersebut. cari hal-hal menarik dari Inggris dan Universitas tempatmu mendaftar kuliah dan beasiswa. Untuk itu lakukan riset melalui internet atau alumni-alumni yang pernah kuliah di Inggris. kamu juga harus update mengenai kebijakan dan aturan baru yang ada di Inggris terlebih yang berkaitan dengan studi atau program yang kamu pilih.

Tips Tambahan dalam Menulis Esai Chevening Scholarship

Dalam menulis beasiswa untuk mendaftar beasiswa Chevening tentunya kamu nanti akan menulis esai dalam bahasa Inggris. Untuk itu pastikan penggunaan grammar yang kamu gunakan untuk menulis esai sudah baik dan benar. Perhatikan juga mengenai ejaan dan typo. Minimalisir typo penulisan esai. Jangan menggunakan point untuk menulis format, tuliskan secara mengalir esai dengan tidak bertele-tele.

Jadi seperti itulah tips dalam menulis esai Chevening scholarship dengan baik dan benar!

Mau jadi salah satu penerima beasiswa Chevening! Persiapkan dirimu mulai sekarang

Mau lolos tes TOEFL/IELTS dengan score terbaik, Klik di bawah ini!

Apa saja syarat pendaftaran Beasiswa Chevening?

  • Warga negara Indonesia/negara lain yang masuk dalam daftar yang bisa mendaftar beasiswa Chevening.
  • Bersedia kembali ke negara asal, (mengabdi) minimal 2 tahun.
  • Sudah lulus jenjang sarjana. Yang sudah punya gelar S2 masih boleh mendaftar asalkan memiliki alasan yang kuat.
  • Memiliki pengalaman kerja (full time, part-time, atau internship; digaji maupun volunter) selama minimal 2 tahun (setara 2800 jam kerja).
  • Mendaftar 3 program studi yang berbeda yang masuk dalam daftar yang dapat dipilih, dan mendapatkan LoA unconditional dari minimal 1 kampus, maksimal 13 Juli 2023.
  • Belum pernah mendapat beasiswa dari pemerintah Inggris.
  • Bukan pekerja, mantan pekerja, atau keluarga pekerja Pemerintah Inggris.
  • Jenis kelamin, usia (tidak ada batas atas usia penerimaan beasiswa Chevening), orientasi seksual, agama, status pernikahan, punya anak atau tidak, kasta, status sosial ekonomi, atau hal semacam itu tidak mempengaruhi proses seleksi.

Dokumen apa yang diperlukan?

  • LoA unconditional
  • Ijazah S1
  • Transkrip S1
  • Curriculum vitae terbaru
  • 2 surat rekomendasi (berbahasa Inggris, atau berbahasa Indonesia dan diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah) dari atasan atau mantan dosen
  • Paspor.

Pilihan Kursus TOEFL IELTS Online

IELTS Prep

Tips & Trick mendapat skor IELTS tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes IELTS)

  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
 

Rp 1.200.000

TOEFL Prep (ITP)

Tips & Trick mendapat skor TOEFL ITP tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes TOEFL ITP)

  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
 

Rp 700.000

IELTS Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes IELTS
 

Rp 1.200.000

TOEFL Scoring (ITP)

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes TOEFL ITP
 

Rp 700.000

Waktu Belajar & Fasilitas

  • Masa belajar: 6 Minggu
  • Total durasi: 72 Jam (Kecuali TOEFL Scoring: 54 Jam)
  • Jadwal belajar: Senin s/d Kamis pukul 18.30-21.30. (Khusus TOEFL Scoring: Senin & Rabu pukul 18.30-21.30, Selasa & Kamis pukul 18.30-20.00)
  • Via Zoom
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *