fbpx

Tips Wawancara LPDP & Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul

kampunginggrisonline.id – jika beberapa kesempatan yang lalu kita sudah membahas mengenai cara daftar beasiswa LPDP untuk study abroad. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi wawancara LPDP. Wawancara LPDP adalah tahap krusial dalam proses seleksi beasiswa LPDP yang menjadi impian banyak pelajar dari Sabang hingga Merauke. Mempersiapkan diri secara maksimal sebelum menghadapi wawancara dan mempelajari daftar pertanyaan yang sering muncul beserta strategi untuk menjawabnya sangat penting agar kamu tidak kaku ketika hari wawancara tiba. Dengan memahami dan mengimplementasikan tips-tips berikut, kami harap kamu bisa lolos seleksi dan menjadi calon penerima beasiswa LPDP selanjutnya. Tidak usah berlama-lama yuk simak artikel berikut ini hingga akhir.

Tips Wawancara LPDP

Tips Wawancara LPDP

Persiapkan CV

Wawancara adalah proses lanjutan untuk memahami kebenaran informasi dari curriculum vitae dan latar belakang pelamar beasiswa dan apakah pelamar memiliki nilai-nilai yang selaras dengan nilai-nilai yang diharapkan oleh LPDP. Nah agar kamu bisa lolos hingga tahap wawancara buatlah CV semenarik dan sejujur mungkin, cantumkan kegiatan-kegiatan bermanfaat apa saja yang pernah kamu ikuti, seperti pelatihan, magang, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, portofolio projek dan lain sebagainya. Jangan pernah menyantumkan informasi yang tidak benah hanya agar CV menjadi menarik.

Perbanyak Referensi

Jangan berusaha menghafal pertanyaan ataupun jawaban-jawaban yang dicontohkan di internet ataupun di kelas-kelas persiapan beasiswa. Karena apa yang kamu dapati ketika wawancara bisa saja berbeda, pertanyaan yang akan muncul tergantung dengan apa yang ingin dibahas oleh penguji, beberapa pertanyaan ini merupakan gambaran umum yang sering ditanyakan ketika wawancara. Untuk itu perluas pemahaman dan referensimu terkait LPDP, universitas yang akan dituju, program studi yang ingin diaplikasi, budaya dan kehidupan negara tujuan dan lain sebagainya.

Perhatikan Argumentasi Jawaban

Ketika sudah sampai di tahap wawancara pastikan kamu telah benar-benar siap menghadapi segala bentuk pertanyaan yang akan diujikan. Pastikan jawabanmu jelas, runtut, spesifik dan lugas. Hindari jawaban-jawaban yang bersifat umum atau tanpa disebutkan pun semua orang sudah tahu. Kamu harus memiliki nilai plus yang dapat ditonjolkan, agar kamu menjadi salah satu kandidat yang dipertimbangkan untuk lolos.

Jujur dan Jangan Dibuat-buat

Jangan berusaha membuat penyeleksi beasiswa kagum, padahal hal tersebut bukanlah kamu yang sebenarnya. Kamu akan berhadapan dengan tiga pewawancara: dua orang pakar dan satu orang psikolog, ketiga penyeleksi adalah profesional yang telah menyeleksi ratusan peserta ia pasti akan langsung mengetahui bahwa yang kamu utarakan tidak nyata dan karangan belaka.

Gesture

Gesture atau bahasa tubuh juga menjadi penilaian yang diperhitungkan oleh pewawancara. Bahasa tubuh yang tidak percaya diri akan sangat terlihat. Untuk itu jaga sikap baik, tata bahasa, tatapan mata, tegap dan jaga kesehatan sebelum tes wawancara. Tetap percaya diri akan tetapi jangan sampai berlebihan, tetap jaga nafas ketika berbicara agar tidak terengah-engah.

Persiapkan Berkas

Jika kamu memiliki berkas-berkas yang dapat menunjang kesuksesan wawancara, maka tidak masalah untuk dibawa dan ditunjukkan. Pastikan berkas yang kamu bawa memiliki kesesuaian dengan kebutuhan beasiswa. Membawa berkas-berkas yang tidak relevan tidak akan memiliki nilai apapun dimata penguji wawancara LPDP.

Daftar Pertanyaan Wawancara LPDP

Berikut ini adalah beberapa jenis topik pertanyaan yang seringkali ditanyakan saat wawancara LPDP, lengkap dengan bagaimana contoh cara menjawabnya.

Mengapa Mendaftar Program Beasiswa LPDP?

Pada pertanyaan ini penyeleksi beasiswa ingin mengetahui dan mengenali apakah calon pendaftar memiliki latar belakang, pemahaman dan tekat yang kuat terhadap nilai-nilai yang berusaha dibangun oleh penyelenggara program beasiswa LPDP. Peserta harus mampu meyakinkan pewawancara mengenai pengalaman, minat, keahlian, tujuan dan kiprah apa-apa saja yang berkaitan dengan visi-misi lembaga penyelenggara beasiswa dan juga program beasiswa LPDP.

Contoh jawaban wawancara LPDP:

Saya tertarik dengan program beasiswa LPDP karena saya melihatnya sebagai kesempatan yang sangat berharga untuk mengembangkan diri dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Pengalaman saya mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak di desa-desa terpencil telah memberi saya pemahaman yang mendalam tentang tantangan pendidikan di daerah pedesaan serta memperkuat tekad saya untuk terlibat lebih aktif dalam upaya meningkatkan akses pendidikan bagi mereka yang kurang beruntung. Saya yakin bahwa melalui beasiswa ini, saya dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi agen perubahan yang lebih efektif dalam mendukung pembangunan pendidikan di Indonesia. Selain itu, visi dan misi LPDP yang fokus pada pembangunan sumber daya manusia unggul dan berkesinambungan sejalan dengan tujuan karir dan aspirasi pribadi saya untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan.

Bagaimana LPDP dapat Membantumu Berkontribusi ke Masyarakat?

Pada sesi pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana pendaftar merencanakan peluang pendidikan yang diberikan oleh LPDP agar tidak hanya menjadi manfaat pribadi akan tetapi juga berdampak positif dalam kontribusi pada masyarakat.

Contoh jawaban wawancara LPDP:

Investasi pendidikan ini akan secara konkret memberikan manfaat melalui pengembangan keterampilan spesifik dalam pengembangan program pendidikan inklusif, yang dapat saya terapkan dalam proyek-proyek konkrit di masyarakat. Sebagai contoh, dengan menguasai metodologi pembelajaran inklusif, saya berencana untuk mendesain dan melaksanakan inisiatif ‘Pendidikan Tanpa Batas’ yang bertujuan meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di daerah pedesaan. Selain itu, saya berkomitmen untuk mengukur dampak positif melalui indikator konkret, seperti meningkatnya partisipasi anak-anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan belajar di sekolah dan peningkatan pemahaman dan dukungan dari masyarakat sekitar terhadap pendidikan inklusif. Dengan cara ini, investasi pendidikan ini tidak hanya akan memperkaya pengetahuan saya, tetapi juga akan menghasilkan hasil terukur yang mendukung inklusi pendidikan dan peningkatan kualitas hidup bagi anak-anak berkebutuhan khusus serta masyarakat secara luas.

Mengapa Memilih Universitas Ini?

Pertanyaan ini akan mengevaluasi terkait pemahaman dan pertimbangan pendaftar mengenai alasan mengapa memilih universitas dan mendaftar ke universitas tersebut. Pastikan kamu sudah riset secara mendalam mengenai apa-apa saja kelebihan dan kekurangan dari universitas tersebut.

Contoh jawaban wawancara LPDP:

Saya memilih universitas ini karena reputasinya yang sangat baik dalam bidang [sebutkan bidang studi atau keunggulan universitas]. Universitas ini dikenal memiliki kurikulum yang berkualitas dan terkini dalam mendukung pengembangan profesional dan akademik saya di bidang [sebutkan bidang studi]. Selain itu, fakultas dan dosen-dosennya juga terkenal akan pengalaman dan keahliannya dalam industri atau penelitian terkait. Saya yakin bahwa lingkungan belajar yang dinamis dan kolaboratif di universitas ini akan memberikan saya kesempatan untuk terlibat dalam diskusi yang mendalam, mendapatkan wawasan yang lebih luas, dan memperluas jaringan profesional saya. Selain itu, lokasi universitas yang strategis dan fasilitasnya yang lengkap juga menjadi pertimbangan saya, karena hal tersebut akan memberikan kenyamanan dan dukungan yang diperlukan dalam menyelesaikan studi saya dengan sukses.

Alasan Memilih Program Studi?

Pertanyaan ini berusaha mengetahui pemahaman dan pertimbanganmu terkait pemilihan program studi. Jawabanmu harus menjelaskan pemahamanmu yang mendalam terhadap program studi yang di ambil. Dan bagaimana program tersebut dapat mendukung tujuan akademis dan karier ke depan.

Contoh jawaban wawancara LPDP:

Saya memilih program studi ini karena saya percaya bahwa ini adalah pilihan yang tepat sesuai dengan minat, bakat, dan aspirasi karir saya. Program studi [sebutkan program studi] menawarkan kombinasi yang unik antara teori dan praktik yang relevan dengan bidang yang saya geluti. Saya tertarik pada program ini karena fokusnya yang kuat pada [sebutkan aspek khusus program studi, misalnya, inovasi teknologi, pembangunan sosial, atau manajemen bisnis berkelanjutan], yang sejalan dengan minat dan keahlian saya. Selain itu, kurikulum yang komprehensif dan pembelajaran terintegrasi yang ditawarkan oleh program ini memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja, sambil memperdalam pemahaman saya tentang konsep dan teori yang mendasari bidang ini. Saya yakin bahwa lulus dari program studi ini akan mempersiapkan saya dengan baik untuk berkontribusi secara signifikan dalam bidang saya dan membawa dampak positif bagi masyarakat di Indonesia.

Mengapa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2?

Sesi ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan alasan kuat dibalik keputusanmu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Kamu harus dapat meyakinkan bagaimana tujuan akademis dan kariermu ke depan bahwa gelar S2 dapat berdampak dan memberi kontribusi positif terhadap perkembangan pribadi dan lingkungan.

Contoh jawaban wawancara LPDP:

Saya memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang S2 karena saya percaya bahwa pendidikan tingkat lanjut akan membuka pintu bagi saya untuk mencapai potensi penuh saya dan memberikan dampak yang lebih besar dalam karir dan kontribusi saya terhadap masyarakat. Saya yakin bahwa S2 akan memberi saya kesempatan untuk mendalami bidang studi yang saya geluti dengan lebih mendalam, mengembangkan keterampilan yang lebih canggih, dan memperluas jaringan profesional saya. Selain itu, saya melihat bahwa di tengah dinamika global saat ini, persaingan di pasar kerja semakin ketat, dan memiliki gelar S2 akan memberi saya keunggulan kompetitif yang dibutuhkan untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Lebih dari itu, saya juga memiliki tujuan pribadi untuk terus belajar dan berkembang sebagai individu, dan saya yakin bahwa melanjutkan ke jenjang S2 adalah langkah yang tepat dalam mencapai tujuan tersebut.

Mengapa memilih Australia daripada negara lain?

Saya memilih Australia sebagai destinasi studi S2 saya karena negara ini dikenal secara internasional akan sistem pendidikannya yang sangat berkualitas, infrastruktur riset yang canggih, dan lingkungan akademik yang inklusif. Selain itu, Australia juga memiliki beragam program studi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan saya, terutama dalam bidang [sebutkan bidang studi]. Australia juga dikenal sebagai negara yang ramah terhadap mahasiswa internasional, dengan berbagai fasilitas dan dukungan yang tersedia untuk mendukung adaptasi serta kesejahteraan mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain itu, pengalaman belajar dan hidup di lingkungan multikultural yang kaya akan budaya juga menjadi faktor penting dalam pemilihan saya, karena saya yakin bahwa hal ini akan membuka pikiran saya dan memperluas wawasan saya tentang dunia. Dengan demikian, saya percaya bahwa Australia adalah tempat yang tepat bagi saya untuk melanjutkan studi S2 saya dan mencapai tujuan akademik serta karir saya.

Itulah beberapa gambaran dan tips wawancara LPDP yang harus kamu persiapkan dengan baik. Untuk tahu lebih lanjut mengenai persiapan mendaftar beasiswa dan study abroad yuk gabung di kelas bahasa Inggris akademik persiapan kuliah ke luar negeri dari kampunginggrisonline.id selain belajar bahasa Inggris melalui kelas-kelas online interaktif bersama tutor terbaik kamu juga akan memperoleh bonus scholarship mentoring dari awardee beasiswa terbaik luar negeri. Kamu akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru yang dibutuhkan untuk bisa sukses mendaftar beasiswa dan kuliah ke luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *