Daftar Lengkap, Nama Penyakit dalam Bahasa Inggris

kampunginggrisonline.id – Yang namanya belajar bahasa, kosakata adalah hal wajib yang perlu ditambah setiap saat, makin banyak dan makin kaya kosakata yang kita miliki akan makin lancar komunikasi dan informasi yang dapat kita serap. Akan tetapi sebagai warga negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, tentu perbendaharaan kata bahasa Inggris yang kita miliki tidak sekaya native speaker yang dari lahir sudah berbahasa Inggris. Dalam belajar bahasa Inggris kita justru sering melupakan kata-kata dasar dan malah fokus ke kata-kata yang sulit dan jarang dibahas. Salah satu kosakata penting dalam bahasa Inggris tentu saja adalah kosakata mengenai penyakit. Yuk tingkatkan vocabulary yang kamu miliki dan simak artikel berikut ini hingga akhir.

Nama Penyakit dalam Bahasa Inggris

Sakit dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris ada banyak ungkapan yang bisa digunakan untuk menyatakan sakit. Sick, pain, ill, hurt. Lalu apa perbedaan dari keempat kata tersebut, adalah sebagai berikut:

Sick

Sick merupakan kosakata yang secara umum digunakan ketika seseorang tidak merasa sehat atau kondisi tubuhnya terganggu atau sedang menderita penyakit, merasa mual, muntah, atau bahkan memiliki gejala seperti pilek atau flu. Contoh: “I feel sick today” (Saya merasa sakit hari ini.

Pain

Berbeda dengan sick, pain digunakan untuk menjelaskan sensasi yang tidak nyaman atau gangguan yang bisa dirasakan di tubuh, seperti rasa sakit, perih, nyeri, atau ketidaknyamanan lainnya. Ini bisa disebabkan oleh cedera, penyakit, atau kondisi medis lainnya. Contoh: “She winced in pain when she stubbed her toe.” (Dia meringis kesakitan ketika jempol kakinya terbentur).

Ill

Ill sering kali digunakan secara umum untuk menyatakan bahwa seseorang sedang dalam keadaan sakit atau tidak sehat. Jadi secara konteks ill hampir sama dengan sick di mana merujuk pada keadaan keseluruhan kesehatan yang buruk atau terganggu. Contoh: “She has been feeling ill for a few days” (Dia sudah merasa tidak sehat selama beberapa hari).

Hurt

Hurt digunakan ketika seseorang mengalami rasa sakit atau cedera, secara konteks hurt dapat digunakan untuk menyatakan kesakitan baik secara fisik maupun emosional. Contoh: “Her words hurt me deeply, I didn’t expect such criticism from her.” (Kata-katanya sangat menyakitkan bagi saya, saya tidak mengharapkan kritik seperti itu dari dirinya.)

Tingkat Keparahan Penyakit dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa tingkatan yang dapat digunakan untuk menyatakan keparahan penyakit. Berikut adalah beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkat keparahan penyakit dalam bahasa Inggris.

  • Mild: Ringan
  • Severe: Parah
  • Chronic: Kronis (diderita cukup lama)
  • Accute: Akut (datang mendadak, dan biasanya langsung parah)

Kondisi Kesehatan dalam Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Sakit tenggorokan Sore throat
Sakit perut Stomach ache
Sakit punggung Back pain
Sakit telinga Earache
Sakit gigi Toothache
Sakit mata Eye pain
Sakit kepala Headache
Sakit kepala sebelah One-sided headache
Demam Fever
Kelelahan Fatigue
Pilek Runny nose / Common cold
Batuk Cough
Pusing Dizziness / Vertigo
Cedera ringan Minor injury
Perut kembung Bloated stomach
Mencret Diarrhea
Gatal Itchy
Masuk angin Catching a cold / Chills
Pegal-pegal Stiff / Sore muscles
Mules Cramps
Mual Nausea
Muntah Vomiting
Sariawan Mouth ulcer / Canker sore
Jerawat Acne
Cedera Injury
Ruam kulit Skin rash
Keseleo Sprain
Alergi ringan Mild allergy
Bercak-bercak Spots
Bengkak/benjol Swelling / Lump
Keracunan Food poisoning
Kejang-kejang Convulsions
Patah tulang Fracture
Pincang Limping
Tergores/lecet Abrasion / Scratch
Berdarah Bleeding
Melepuh Blister
Bengkak Inflammation / Swelling
Memar Bruise
Gegar Concussion
Luka bakar Burn
Mimisan Nosebleed
Nyeri otot Muscle pain
Keseleo Twisted
Peradangan Inflammation
Radang Infection / Inflammation
Tidak nafsu makan Loss of appetite
Keguguran Miscarriage
Stres Stress
Kram Cramp

Nama Penyakit dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Terjemahan
Flu Flu
Asthma Asma
Diabetes Diabetes
Arthritis Artritis
Hypertension Hipertensi
Migraine Migren
Pneumonia Pneumonia
Appendicitis Apendisitis
Stroke Serangan jantung
Heart attack Serangan jantung
Cancer Kanker
Ulcer Tukak
Bronchitis Bronkitis
Osteoporosis Osteoporosis
Anemia Anemia
Eczema Eksim
Psoriasis Psoriasis
Hepatitis Hepatitis
Gastritis Gastritis
Kidney stones Batu ginjal
Leukemia Leukimia
Gout Asam urat
Concussion Gegar
Insomnia Insomnia
Vertigo Vertigo
Emphysema Emfisema
Cataracts Katarak
Glaucoma Glaukoma
Tuberculosis Tuberkulosis
Cholesterol Kolesterol
Parkinson’s disease Penyakit Parkinson
Cirrhosis Sirosis hati
Dementia Demensia
Rheumatism Reumatisme
Varicose veins Varises
Hemorrhoids Ambeien
Sinusitis Sinusitis
Cholera Kolera
Rabies Rabies
Dengue fever Demam berdarah
Malaria Malaria
Measles Campak
Chickenpox Cacar air
Rubella Rubela
Whooping cough Batuk rejan
Smallpox Campak kecil
Typhoid fever Demam tifoid
Yellow fever Demam kuning
Leprosy Kusta

Contoh Kalimat Kata Sakit dalam Bahasa Inggris

  1. My sister caught the flu last week and had to stay home from work. (Saudara perempuanku tertular flu minggu lalu dan harus tinggal di rumah dari pekerjaan.)
  2. He was diagnosed with asthma when he was a child and has been managing it with medication ever since. (Dia didiagnosis menderita asma saat masih anak-anak dan telah mengelolanya dengan obat sejak saat itu.)
  3. I need to visit the dentist next week for a toothache that has been bothering me for days. (Saya perlu mengunjungi dokter gigi minggu depan karena sakit gigi yang telah mengganggu saya selama beberapa hari.)
  4. She twisted her ankle during the soccer game and now she’s wearing a brace. (Dia meringsekkan pergelangan kakinya selama pertandingan sepak bola dan sekarang dia mengenakan pelindung.)
  5. High blood pressure runs in our family, so my dad monitors his hypertension regularly. (Tekanan darah tinggi merupakan keluarga kami, jadi ayahku secara teratur memantau hipertensinya.)
  6. The doctor recommended surgery for his chronic back pain. (Dokter menyarankan operasi untuk nyeri punggung kronisnya.)
  7. My niece has been suffering from a severe allergic reaction to peanuts since she was young. (Keponakanku telah menderita reaksi alergi yang parah terhadap kacang sejak kecil.)
  8. I’ve been experiencing dizziness lately, so I’m going to see an ear specialist. (Saya baru-baru ini mengalami pusing, jadi saya akan pergi menemui spesialis telinga.)
  9. His grandmother was hospitalized due to pneumonia, but she’s recovering well now. (Neneknya dirawat di rumah sakit karena pneumonia, tetapi sekarang kondisinya membaik.)
  10. The doctor prescribed antibiotics for his sinusitis, hoping to relieve his sinus infection. (Dokter meresepkan antibiotik untuk sinusitinya, dengan harapan mengurangi infeksi sinusnya.)

Itulah penjelasan mengenai nama penyakit dalam bahasa Inggris serta kondisi kesehatan. Sekarang kamu tidak usah bingung lagi apabila perlu mengekspresikan kondisi badan yang sedang kurang sehat dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Untuk kamu yang ingin lebih intensif meningkatkan kosakata (vocabulary) belajar grammar atau sedang mempersiapkan tes TOEFL ataupun IELTS, yuk gabung di kampunginggrisonline.id dan dapatkan penawaran harga menarik untuk pendaftaran periode 10 dan 25 bulan ini!

Sampai jumpa di kelas-kelas online kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *