Idiom-Bahasa-Inggris-dalam-Dunia-Bisnis-Paling-Berguna-10

Idiom Bahasa Inggris dalam Dunia Bisnis Paling Berguna

kampunginggrisonline.id (Idiom Bahasa Inggris dalam Dunia Bisnis Paling Berguna) – Hallo Working Class, seperti banyak dikatakan oleh orang-orang di luar sana harga diri laki-laki itu bekerja! Jadi meskipun kerja itu melelahkan jangan lupa untuk tetap belajar bahasa Inggris ya. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik kamu bisa upgrade pekerjaan dan bisnismu ke jaringan dan lingkup yang lebih luas tentunya,

Salah satu kemampuan berbahasa Inggris yang sangat mungkin diterapkan dalam dunia bisnis adalah idiom! Dengan bahasa idiom yang diplomatis dan memiliki pesan tersirat kamu bisa make a big deal dengan customer atau client. Penasaran dengan idiom bahasa Inggris dalam dunia bisnis yang paling berguna? Simak artikel ini sampai habis ya

Pengertian Idiom

Idiom merupakan kumpulan kata yang memiliki makna tersirat dan tidak memiliki arti secara harfiah, jadi apabila diartikan idiom tidak dapat diartikan begitu saja akan tetapi memiliki arti sendiri yang bahkan sangat berbeda dengan arti kata per katanya. Oleh karena itu, ketika kita sedang menggunakan idiom, kita tidak melihat arti dasar dari kata-kata yang ada, karena susunan kata yang diasosiasikan dengan idiom tersebut menimbulkan makna baru yang sangat berbeda dengan aslinya. Apakah ungkapan ini hanya dalam bahasa Inggris? Tentu saja tidak, di Indonesia juga ada ungkapan seperti “buah tangan” yang artinya oleh-oleh, atau “tangan panjang” yang artinya orang yang sering mencuri.

Dalam bahasa Inggris, kita mungkin pernah mendengar ungkapan seperti “hit the books“, yang secara harfiah berarti memukul buku. Namun, arti sebenarnya dari frasa tersebut adalah penelitian. Contoh lain adalah “lose your touch”, yang apabila kita artikan secara harfiah memiliki arti hilang sentuhan. Tetapi pada kacamata idiom kalimat ini diartikan sebagai ungkapan bahwasanya seseorang telah kehilangan sebuah kemampuan/ketrampilan yang sebelumnya ia kuasai dengan baik. Dari sini apakah sudah mulai tergambar bagaimana idiom digunakan dan bagaimana cara kerjanya?

Yang perlu digaris bawahi mengenai idiom bahwasanya idiom tidak bisa dilakukan dengan cara mengartikan kata per kata secara harfiah, pada penerapan idiom kamu harus setidaknya menghafal atau familiar dengan idiom-idiom yang sering digunakan oleh orang-orang tentu saja dengan makna dari idiomnya. Setelahnya baru kamu bebas untuk menerapkan idiom-idiom tersebut dalam dunia bisnis atau pada kegiatan sehari-harimu.

Contoh Idiom Bahasa Inggris dalam Dunia Bisnis

Call The Shot

Dalam dunia bisnis kamu bisa menggunakan idiom “call the shot” karena idiom ini memiliki makna “membuat keputusan penting”  penerapan idiom ini dalam dunia kerja yaitu untuk menggambarkan seseorang yang memiliki peran penting dalam sebuah bisnis.

Contoh: My busines was more getting better when Alya were calling the shots

Artinya: Bisnis saya menjadi lebih baik ketika Alya mengambil keputusan

Cool as a cucumber

Idiom ini apabila diartikan memiliki makna untuk mendeskripsikan “seseorang yang selalu bersikap tenang” ia tetap tenang meski sedang banyak pekerjaan atau tekanan, idiom dalam bahasa Inggris ini juga dapat kamu gunakan dalam dunia bisnis untuk memuji seseorang yang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Contoh: Alya is always cool as a cucumber when he done the job

Artinya: Alya selalu bersikap tenang ketika menyelesaikan pekerjaannya.

Beef up

Dalam bahasa Inggris, idiom beef up memiliki makna “membuat sesuatu menjadi lebih kuat atau lebih efektif”. Idiom ini dapat kamu gunakan untuk mengekspresikan kekaguman terhadap suatu perubahan besar. Penggunaan idiom “beef up” untuk menyatakan perubahan yang bersifat progresif. Idiom ini cocok sekali digunakan dalam dunia bisnis.

Contoh: Alya has beef up when handle Instagram company

Artinya: Alya membuat lebih efektif instagram perusahaan 

This is like putting socks on an octopus

Makna dari Idiom satu ini seperti halnya arti harfiah dari “this is like putting socks on an octopus”  memakaikan kaus kaki ke gurita yang berarti sama dengan ketidakmungkinan atau sesuatu yang sangat sulit jadi arti idiom tersebut digunakan untuk menyatakan tugas dalam pekerjaan yang sulit dilakukan

Contoh: Alya can done 15 pamphlet in one day even though he is very busy, this is like putting socks on an octopus.

Artinya: Alya dapat menyelesaikan 15 pamflet dalam sehari meskipun dalam keadaan sangat sibuk. Adalah sesuatu yang mustahil.

Learn The Ropes

Learn the ropes merupakan idiom dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan sebuah proses belajar mengenai melakukan suatu pekerjaan. Kamu dapat menggunakan idiom ini dalam kalimat yang mengungkapkan pekerjaan baru yang membutuhkan penyesuaian keterampilan baru.

Contoh: Alya need some time for new project to learn the ropes

Artinya: Alya membutuhkan waktu untuk proyek baru untuk mempelajari seluk-beluknya

Roll Your Sleves Up

Idiom ini digunakan untuk mempersiapkan diri agar bekerja lebih keras. Idiom ini bisa diterapkan pada kalimat yang memberikan semangat atau memberi tahukan target atau pekerjaan yang masih banyak, dan memberi semangat agar bekerja lebih keras lagi.

Contoh: there’s a lot target we have achive next mounth, so roll your slaves up

Artinya: ada banyak target yang harus kita capai bulan depan, jadi persipakan diri untuk bekerja lebih keras lagi.

Cut Corners

Idiom ini memiliki makna jalan pintas. Dalam dunia bisnis idiom ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang memotong tahapan atau suatu proses, agar mendapatkan jalan paling cepat dan paling mudah untuk dilakukan.

Contoh: Alya have cut corners when edited pamflet promotion with short cut as he know

Artinya: Alya pernah mengambil jalan pintas saat mengedit pamflet promosi dengan short cut yang dia tahu

By the book

Idiom ini memiliki makna melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuk atau aturan. Jadi idiom ini bisa digunakan untuk mengungkapkan mengenai aturan atau prosedur.

Contoh: You should by the book when serving customer.

Artinya: kamu harus sesuai aturan ketika melayani pelangan.

Go the extra mile

Idiom ini dapat dimaknai sebagai sebagai sebuah upaya melakukan usaha yang lebih keras. Idiom ini bisa digunakan untuk mengingatkan atau menyemangati agar seseorang biasa bekerja atau berusaha dengan lebih keras daripada yang lain.

Contoh: Alya always doing business with Adi, bicause Adi always go the extra mile.

Artinya: Alya selalu berbisnis dengan Adi, karena Adi selalu bekerja ekstra.

Bring to the table

Idiom yang terakhir yaitu “Bring to the table” makna dari idiom ini adalah membagi pengalaman, ilmu bisa juga keterampilan yang bermanfaat bagi orang lain.

Artinya: After participate in digital marketing course Alya bring to the table materi to her team.

Contoh: Setelah mengikuti kursus pemasaran digital, Alya membawa materi ke meja untuk timnya.

Jadi seperti itulah idiom dalam bahasa Inggris dalam dunia bisnis yang baling berguna. Setelah tahu beberapa idiom dan dapat menghafalnya di luar kepala, kamu bisa mulai untuk menerapkannya dalam daily conversation ketika sedang menjalankan bisnis atau sedang bekerja dikantor. 

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus di Titik Nol English Course. Titik Nol English Course adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik di Kampung Inggris Pare. Kamu bisa belajar bahasa Inggris dari berbagai level, bahkan jika kamu belum bisa bahasa Inggris sama sekali atau benar-beanr pemula, kamu akan ditempatkan sesuai level dan diajarkan bahasa Inggris oleh tutor yang sesuai.

 

Selain itu Titik Nol English Course juga merupakan lembaga kursus persiapan TOEFL dan IELTS untuk beasiswa ke luar negeri. Titik Nol English Course telah berhasil mengantarkan ratusan alumninya mendapatkan pendidikan di kampus impian mereka di luar negeri dengan beasiswa, pastinya dengan nilai TOEFL IELTS terbaik. Kamu bisa mengunjungi situs resminya di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *