Info University of Oxford Lengkap dan Beasiswa ke Sana

kampunginggrisonline.id (Info University of Oxford Lengkap dan Beasiswa ke Sana) – Setiap orang pasti mengenal University of Oxford, atau setidaknya pernah mendengar nama universitas ini. Universitas ini merupakan Universitas favorit terutama bagi para scholarship hunter dan mahasiswa internasional yang ingin study abroad.

Salah satu Universitas terkemuka dan salah satu yang tertua di Inggris ini merupakan Universitas yang mengedepankan riset dan kerja sama dengan perusahaan internasional dan menjadi Universitas yang menduduki peringkat pertama pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings.

Mau tahu info University of Oxford secara lengkap? Yuk simak artikelnya hingga akhir.

Info University of Oxford

Sejarah Singkat University of Oxford

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Universitas ini muncul pada abad ke 12 diprakarsai oleh pendeta dan rahib dan dikhususkan untuk para jemaat dan murid-muridnya. Terletak di daerah Thames Valley, selatan Inggris. Daerah ini sebelumnya adalah sebuah daerah kecil di Inggris. lalu pada abad ke 13 daerah ini berkembang makin pesat karena memperoleh dukungan dari Raja Henry III untuk membentuk dewan pengelola Universitas.

Bada abad ke 14 terdapat gagasan untuk membentuk Nation, adalah kelompok regional untuk para mahasiswa University of Oxford. Kelompok-kelompok ini menjadi sebuah kehidupan sosial dan politik bagi para mahasiswa. Lalu pada abad ke 15 Universitas ini menjadi pusat penerbitan buku terkenal bernama Caxton Press.

Abad ke 16 Oxford menjadi pusat reformasi kerajaan Inggris dan melahirkan banyak tokoh terkenal seperti John Wycliffe, William Tyndale dan John Colet yang merupakan para penggerak reformasi agama. Tradisi pengajaran terus berkembang hingga abad ke 17 dan menjadi pusat lahirnya banyak filsuf dan tokoh-tokoh politik sosial.

Mulanya universitas ini hanya dikhususkan untuk para Anglikan dan pada abad 19 Universitas ini mulai terbuka bagai orang-orang di luar gereja. Seiring dengan makin banyaknya peserta didik, maka makin banyak bermunculan perguruan tinggi yang lebih baru dan modern di Oxford.

Rangking University of Oxford

University of Oxford menduduki peringkat ke 1 di Inggris selama 8 tahun berturut-turut dan memperoleh peringkat ke 2 untuk bidang politik dan studi internasional penilaian QS World Rankings 2023. Universitas ini selalu bersaing dengan Universitas Harvard untuk penilaian Universitas terbaik global.

Program di University of Oxford

Oxford merupakan Universitas yang menjadi incaran seluruh mahasiswa dari penjuru dunia. Sejarah panjang mengenai pendidikan dan juga prestasi Universitas yang mendunia, menjadikan Universitas adalah tempat ideal untuk menempuh pendidikan. Selian itu Oxford merupakan perguruan tinggi yang sangat mendukung riset dan sistem pendidikan terbaik untuk seluruh jenjang studi mulai dari program S1, S2 dan S3. Selain program-program tersebut di Universitas ini juga tersedia program lain seperti short courses dan summer schools.

Universitas ini memiliki lebih dari 300 jurusan dan memiliki banyak departemen seperti ilmu kehidupan, ilmu sosial, teknik, seni, humaniora dan lain sebagainya.

Biaya Masuk University of Oxford

Terdapat dua jenis biaya untuk kamu yang akan studi ke Oxford, yaitu:

Secara umum biaya pendidikan di Oxford dibedakan lagi menjadi home students dan overseas students. Pembedaan ini dilihat dari kewarganegaraan, lokasi tempat tinggal dan tingkat pendidikan sebelumnya.

Untuk mahasiswa overseas, besaran biaya yang harus disiapkan akan lebih besar. Besaran dalam rupiah adalah Rp280.000.000 hingga Rp400.000.000 untuk program pendidikan sarjana dan Rp150.000.000 hingga Rp400.000.000 untuk program pendidikan pascasarjana. Sementara besaran biaya living cost studi di Inggris berkisar antara Rp200.000.000 sampai Rp350.000.000 per tahun.

Program Beasiswa Study ke University of Oxford

Terdapat banyak program beasiswa yang tersedia dan dapat di aplikasi oleh mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi ke University of Oxford. Apa saja sebagai berikut:

Beasiswa LPDP

Untuk mahasiswa tanah air yang ingin study ke luar negeri, pasti sudah tidak asing dengan beasiswa LPDP. Program ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Beasiswa ini dapat diaplikasi untuk melanjutkan studi jenjang D4, S1, S2 hingga S3 untuk kuliah dalam dan luar negeri tak terkecuali University of Oxford.

Tidak tanggung-tanggung beasiswa ini mencakup keseluruhan kebutuhan studi dan biaya hidup penerima beasiswa (fully funded) bahkan untuk mereka yang telah berkeluarga juga akan ditanggung.

Beasiswa Chevening

Chevening Scholarship merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris dan diperuntukkan bagi mahasiswa lulusan sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi jenjang magister (S2) ke negara Inggris.

Yang menarik dari beasiswa ini adalah kebebasan usia pendaftar, yang mana biasanya program beasiswa akan membatasi usia tertentu bagi calon penerimanya. Selain itu program Chevening juga terbuka untuk program S2 gelar pertama dan gelar kedua.

Jardine Scholarship

Termasuk dalam salah satu program beasiswa penuh. Jardine Scholarship merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Jardine Foundation dan diperuntukkan bagai mahasiswa Asia yang masuk wilayah oprasional Jardine Matheson Group yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Inggris termasuk ke University of Oxford.

Beasiswa Jardine diprioritaskan untuk mahasiswa yang mendaftar Exeter College, Oriel College, The Queen’s Collage dan Trinity College dari Oxford University untuk program Sarjana (S1). 

Oxford Center for Islamic Studies (OCIS) Scholarships

Oxford Center for Islamic Studies (OCIS) Scholarships merupakan salah satu departemen pendidikan di Oxford yang mempelajari mengenai Islam dan masyarakat muslim. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang sedang studi Islam. Tidak semudah itu para penerima beasiswa ini dipilih melalui prestasi akademik yang mumpuni dan di atas rata-rata.

Beasiswa ini memberikan bantuan pendanaan secara full untuk biaya kuliah dan juga biaya hidup. Besaran dana yang akan diberikan adalah £16,062 atau sekitar Rp 262.000.000 program beasiswa ini menyaratkan para penerimanya untuk kembali ke negara masing-masing setelah menyelesaikan studi.

Beasiswa Oxford University - Burnsfield

program beasiswa Burnsfield ASEAN Human Rights Graduate Scholarship merupakan gabungan program beasiswa antara Oxford University dan Burnsfield Foundation Malaysia. Dan diperuntukkan bagi mahasiswa asal Asia Tenggara yang melamar part-time di MSt International Human Rights Law.

Cakupan beasiswa ini sangat lengkap, mulai dari biaya kuliah, biaya studi tambahan, akomodasi tempat tinggal dan lainnya.

Siap Menjadi Awardee Beasiswa?

Apakah persiapanmu sudah cukup matang? Apakah kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) mu sudah siap untuk diajak bersaing dengan seluruh pendaftar dari seluruh dunia? Yuk konsultasikan persiapan aplikasi beasiswa kuliah luar negerimu dengan tim kampunginggrisonline.id.

Dani Puspitasari

"Sekarang kesempatan belajar dan berkarir di luar negeri terbuka lebar, sayang banget kalo kita lewatkan. Saya kursus di Titik Nol selama 2 bulan khusus untuk persiapan beasiswa dan studi saya. It’s really home for high achievers.”

LPDP Awardee, Monash University

Sutamara Lasurdi Noor

"Di sini aku bertemu dengan orang-orang yang seperti diriku. Yang mau belajar dan diajar dari nol. Tutor-tutor awardee beasiswa luar dan dalam negeri yang memberikan semangat bagi orang yang mau belajar dari nol juga ada di sini. Pengalaman yang tak ada duanya"

LPDP Awardee, M.Sc-Clinical and Public Health Nutrition, University College London (UCL)

Kireina Amira

"The tutors here really point out the best and weakest part dari yang kita bisa dan ga bisa. Itu membantu banget untuk push kita jadi gak down"

IELTS Score 7,5, Double Degree Program University of Indonesia & University of Queensland-Australia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *