Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia

kampunginggrisonline.id – Jika kita mencari daftar negara yang memiliki sistem terbaik di dunia, pasti yang keluar adalah negara-negara dari benua Eropa seperti Finlandia, Jerman, Amerika Serikat dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan benua Asia. Meskipun secara sistem negara-negara di benua Asia belum masuk dalam peringkat 10 besar bukan berarti Asia tertinggal terlalu jauh. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia, mau tahu selengkapnya, yuk simak hingga akhir!

Sistem Pendidikan Terbaik di Asia

Sistem Pendidikan Terbaik di Asia

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan himpunan organisasi negara yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Laos, Kamboja, Filipina, Myanmar, Vietnam dan Thailand. U.S News dan World Report merangkum peringkat sistem pendidikan terbaik dunia berdasarkan survei global berbasis persepsi. Indikator yang digunakan pada survei tersebut menggunakan tiga atribut, yaitu sistem pendidikan yang berkembang, pertimbangan pendaftar untuk kuliah di negara tersebut dan kualitas pendidikan di negara tersebut. Berikut ini adalah beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia.

Singapura

Negara di Asia dengan sistem pendidikan terbaik yang pertama adalah Singapura yang menempati rangking ke 22 di tahun 2023 lalu. Alasan negara yang memiliki logo singa mancur ini dinobatkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik karena pendidikan yang diterapkan di negara ini sangat berfokus pada kualitas, penerapan kurikulum di Singapura sangat ketat dan siswa diwajibkan untuk menguasai seluruh subjek yang diajarkan.

Kondisi Geografis Singapura yang kecil juga sangat mendukung perkembangan percepatan dan pemerataan kemajuan hingga pengawasan kualitas pendidikannya. Salah satu Universitas terbaik Singapura yang juga masuk sebagai universitas terbaik dunia adalah National University of Singapore (NUS).

Sistem pendidikan di Singapura menghapuskan pengumuman peringkat kelas dengan nilai rapor terbaik agar siswa dapat fokus meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri secara menyeluruh. Pemerintah Singapura juga memberikan dukungan finansial, pelatihan yang baik kepada sekolah dan guru untuk menunjang kemajuan pendidikan.

Malaysia

Beberapa indikator yang membuat negara Malaysia masuk dalam negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia adalah:

Sistem pendidikan yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa. Pendidikan di Malaysia fokus pada pengembangan Individu untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan, moral dan kemampuan bersosialisasi siswa. Sehingga siswa tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas dan bertanggung jawab.

Pemerintah meregulasi dengan ketat sistem pendidikan di Malaysia. Pemerintah memastikan bahwasanya pendidikan berkualitas haruslah terjangkau oleh semua kalangan. Kualitas pendidikan tinggi di Malaysia dapat diakses oleh siapa saja, terlepas dari latar belakang sosial dan ekonomi. Selain itu juga tersedia banyak beasiswa baik untuk siswa dalam negeri maupun internasional. Secara rangking sistem pendidikan terbaik dunia Malaysia menduduki peringkat ke 40 pada tahun 2022.

Thailand

Berbeda dengan sistem pendidikan di negara Asia lainnya, Thailand merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia yang memprioritaskan keterampilan praktis. Secara peringkat sistem pendidikan di Thailand berada pada peringkat ke 48 dunia. Salah satu keberhasilan pendidikan di Thailand adalah dukungan dari pemerintah yang menginvestasikan sumber daya yang besar untuk memperbarui sistem pendidikannya. Termasuk meningkatkan kualitas guru dan menyediakan fasilitas yang baik.

Daftar universitas terbaik di Thailand seperti, Chulalongkorn University dan Mahidol University, Thammasat University juga merupakan beberapa universitas yang berhasil meraih peringkat tinggi pada pemeringkatan universitas oleh QS World University Rankings. Thailand juga merupakan negara di Asia yang dengan tekun mengajarkan bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing internasional siswa.

Filipina

Filipina menduduki peringkat ke 50 untuk sistem pendidikan terbaik di Asia. Filipina merupakan negara yang sangat fokus pada pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan di samping fokus pada pendidikan akademik. Pemerintah Filipina juga memberikan akses pendidikan gratis pada anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Kualitas pendidikan Filipina juga cukup berkualitas, beberapa universitas terbaik Filipina antara lain: University of the Philippines pada peringkat, Ateneo de Manila University DLL. Bahasa pengantar pendidikan di Filipina menggunakan bahasa Inggris, hal tersebut didukung dengan program Bilingual yang memastikan siswa dapat berbahasa Inggris dengan fasih tanpa melupakan bahasa Filipina dan bahasa lokal masing-masing daerah.

Data dari tahun 2021 menyebutkan sebanyak 22% siswa sekolah menengah melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah tersebut merupakan jumlah ke tertinggi ke 6 di Asia Tenggara setelah Thailand.

Indonesia

Meskipun dalam eksekusinya masih kurang baik akan tetapi negara di Asia selanjutnya yang memiliki sistem pendidikan terbaik selanjutnya adalah Indonesia. Indonesia menerapkan wajib belajar 9 tahun bagi anak usia 7 hingga 15 tahun dan pengeratisan biaya sekolah negeri. Selain itu banyaknya jumlah universitas terbaik Indonesia yang semakin memenuhi standar perguruan tinggi internasional seperti: Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan lain sebagainya.

Meskipun masih banyak PR untuk pemerintah Indonesia dalam mengatasi permasalahan pendidikan seperti, upah guru, pemerataan infrastruktur di seluruh wilayah, peningkatan kompetensi pengajar, pengembangan kurikulum yang masih terus diupayakan oleh pemerintah Indonesia.

Menurut data pada tahun 2021 lalu, sebanyak 29.4% siswa menengah atas melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini adalah yang tertinggi ke 7 di kawasan Asia tenggara, meskipun total jumlah penduduk Indonesia yang buta huruf masih cukup tinggi, yaitu sekitar 1.5% dari total populasi.

Itulah negara-negara dengan sistem terbaik di Asia. Kita harus masih menerima kenyataan bahwa Indonesia masih berada di urutan cukup rendah apabila berbicara mengenai sistem pendidikan. Upah tenaga pengajar yang masih tidak manusiawi, kompetensi pengajar yang tidak tersertifikasi, pemerataan pendidikan yang masih berpusat didaerah-daerah tertentu. Akses pendidikan yang masih sulit, mahalnya biaya pendidikan dan masih banyak lagi pekerjaan rumah yang harus kita upayakan bersama. Tidak hanya dari pemerintah akan tetapi juga turut serta peran swasta dalam meningkatkan kecerdasan bangsa.

Untuk kamu yang ingin fasih berbahasa Inggris, kamu bisa percayakan kampunginggrisonline.id untuk belajar seluruh kompetensi bahasa Inggris mulai dari level basic – intermediate – advanced English. Belajar bersama tutor bersertifikat dan berpengalaman via zoom premium interaktif pasti lebih efisien dari pada kursus bahasa Inggris offline. Tunggu apa lagi daftarkan dirimu sekarang juga mumpung ada promo menarik untuk pendaftaran pada periode 10 dan 25 bulan ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *