Membuat-CV-Bahasa-Inggris-Untuk-Beasiswa-02

Membuat CV Dalam Bahasa Inggris Untuk Beasiswa

kampunginggrisonline.id (Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris) – Apa yang perlu kamu persiapkan saat kamu akan melamar suatu pekerjaan? Ya, jawabannya adalah CV. CV adalah berkas wajib yang perlu kamu buat untuk melamar suatu posisi pada pekerjaan tertentu, cv memberikan gambaran pengalaman dan kompetensi yang kamu miliki sebagai bahan pertimbangan bagi recruiter untuk menerimamu dalam suatu pekerjaan. Apakah CV harus dituliskan dalam bahasa Inggris? Jawabannya adalah tidak, akan tetapi menuliskan CV dengan bahasa Inggris bisa menjadikan nilai plus untukmu karena kamu akan dinilai memiliki kemampuan bahasa Inggris, lalu bagaimana cara membuat CV dalam bahasa Ingris? Berikut informasinya.

Tentang CV

CV, atau Curriculum Vitae, adalah deskripsi tentang siapa Anda dan CV yang sering digunakan saat melamar pekerjaan. CV penting karena CV adalah tahap pertama perekrutan staf atau anggota. Jadi, dengan satu atau dua halaman deskripsi diri dan pengalaman, kami mencoba membuat perekrut tertarik pada kami sehingga mereka dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dan merekrut karyawan atau anggota baru.

Pada umumnya CV didesain semenarik mungkin dari segi isi dan tampilan. Membuat CV yang menarik meningkatkan kemungkinan kandidat diperhatikan oleh perekrut, karena perekrut hanya perlu beberapa detik untuk menemukan CV seseorang yang layak untuk melanjutkan ke tahap perekrutan berikutnya.

Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris

Berikan Informasi Pribadi

Pertama yang perlu kamu tuliskan adalah informasi pribadi. Informasi pribadi yang bisa kamu tuliskan pada CV tentunya nama lengkap, alamat, kontak yang bisa dihubungi, Motivasi, serta harapan kamu dalam pekerjaan. Pada CV kamu tidak harus menuliskan identitas sedetil mungkin seperti yang ada pada KTP kamu, yang terpenting adalah recruiter bisa mengenal kamu dari segi kemampuan serta bisa menghubungi kamu baik melalui nomor telepon, email, atau media sosial yang kamu miliki. Selain itu tuliskan juga bagaimana motivasi serta harapan kamu, hal ini akan menjadi penilaian bagi recruiter dalam mempertimbangkan kamu diterima atau tidak.

Tuliskan Pencapaianmu

Karena CV ini akan memberikan penilaian bagi diri kamu, tentunya kamu ingin dinilai dengan sebaik mungkin. Bagaimana cara agar recruiter menilai kamu dengan nilai yang baik? yaitu dengan cara mencantumkan prestasi diri yang kamu miliki. Semakin kamu banyak memiliki prestasi, tentunya kamu akan dinilai baik sebagai orang yang memiliki kompetensi pada suatu bidang tertentu.

Selain itu kamu juga bisa menuliskan pencapaian kamu selama bekerja, atau menjadi anggota di suatu organisasi. Pencapaian ini adalah sebagai bentuk dari usaha yang sudah kamu kerahkan saat menggeluti sesuatu. Jadi selama kamu menggeluti sesuatu entah itu pekerjaan atau sebuah posisi dalam organisasi catat pencapaian-pencapaian yang sudah kamu raih, hal ini akan dapat menjadi dukungan karir di masa depan.

Berikan Deskripsi Pada Pengalaman Kerjamu

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, jangan hanya menuliskan posisi pekerjaan dan tahun pekerjaan kamu. Akan tetapi tuliskan juga deskripsi pekerjaan tersebut. deskripsi ini bisa deskripsi umum tentang posisi dalam pekerjaan, atau kamu juga bisa menuliskan tiap jobdesk dari pekerjaan kamu. Menuliskan jobdesk akan lebih memperjelas apa saja yang sudah kamu lakukan selama menempati posisi tersebut, selain itu juga akan dijadikan bahan pertimbangan bagi seorang recruiter untuk menilai apakah posisi yang sedang kamu lamar ini cocok denganmu berdasarkan pengalaman yang sudah kamu jalani.

Gunakan Format Yang Tepat

Kenapa tidak hanya cukup satu format CV, ya karena kamu tidak mungkin mengirim CV yang sama untuk beberapa pekerjaan yang berbeda. Tentunya kamu perlu menyesuaikan isi dari CV yang kamu tulis terhadap pekerjaan yang kamu lamar. Jika kamu seorang desain grafis, kamu bisa memberikan desain yang menarik pada CV kamu. Selain itu kamu bisa menuliskan keahlian-keahlian yang kamu miliki dengan disesuaikan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Jadi jangan malas untuk mengupdate CV kamu setiap saat agar tujuan kamu untuk diterima bekerja dapat tercapai.

Gunakan Grammar yang Benar

Ini lah poin dari CV berbahasa Inggris yang harus kamu perhatikan yaitu pengguanaan grammar. Grammar yang biasa digunakan dalam membuat CV adalah tenses. Kamu bisa menggunakan past tense untuk menuliskan pekerjaan-pekerjaan yang sudah kamu kamu selesaikan dan menggunakan present tense untuk pekerjaan-pekerjaan yang masih kamu kerjaan saat ini.

Periksa Kembali CV mu

Tahap akhir adalah memeriksa kembali CV yang sudah kamu buat, khusunya pada grammar serta vocab. Jangan sampai ada kesalahan penulisan dalam CV yang kamu buat, atau kamu akan dinilai sebagai orang kurang teliti dalam pekerjaan. Apalagi jika mengguanakn bahasa Inggris kamu perlu memeriksa penulisan kosa kata yang kamu gunakan, karena penulisan kata dalam bahasa Inggris sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain agar lebih banyak bahan masukan untukmu.

Sekian informasi mengenai cara membuat CV dalam bahasa Inggri isntuk melamar kerja. Sebelum kamu membuat CV dalam bahasa Inggris, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris, karena CV juga menggambarkan kemampuan kamu. Kamu akan dinilai memiliki kemampuan bahasa Inggris jika kamu menulis CV dengan bahasa Inggris.

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course. Titik Nol English Course adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik di Kampung Inggris Pare. Kamu bisa belajar bahasa Inggris dari berbagai level, bahkan jika kamu belum bisa bahasa Inggris sama sekali atau benar-beanr pemula, kamu akan ditempatkan sesuai level dan diajarkan bahasa Inggris oleh tutor yang sesuai.

Selain itu Titik Nol English Course juga merupakan lembaga kursus persiapan TOEFL dan IELTS untuk beasiswa ke luar negeri. Titik Nol English Course telah berhasil mengantarkan ratusan alumninya mendapatkan pendidikan di kampus impian mereka di luar negeri dengan beasiswa, pastinya dengan nilai TOEFL IELTS terbaik. Kamu bisa mengunjungi situs resminya di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *