Materi TOEFL Structure

kampunginggrisonline.id (Materi TOEFL Structure yang Harus Dikuasai) – Structure terkadang menjadi bagian tersulit dalam tes TOEFL. Entah kenapa sebagian dari kita menganggap bahwa structure adalah kendala untuk mendapatkan skor yang tinggi pada tes TOEFL. Padahal kalau kita memahami materi-materi yang diujikan dalam structure, kita bisa dengan mudah melewati tesnya.

Materi TOEFL Structure

Yang harus kita ketahui, materi TOEFL structure ternyata lebih cepat untuk dipelajari kalau disandingkan dengan materi TOEFL reading dan listening. Alasan khususnya adalah karena materi TOEFL reading dan listening ini memerlukan vocabulary dan pelatihan khusus untuk mengasah konsentrasi. Sedangkan materi TOEFL structure bisa ditaklukkan cukup dengan 4 materi grammar bahasa Inggris.

Keempat materi grammar tersebut yaitu: Parts of Speech, Phrases, Sentences, dan Tenses. Nah buat kamu yang masih saja merasa takut untuk menghadapi materi TOEFL structure, mari simak penjelasan mimin berikut ini!

Materi TOEFL Structure yang Harus Dikuasai

Materi TOEFL Structure

Parts of Speech

Dalam struktur kalimat bahasa Inggris, parts of speech merupakan klasifikasi kata-kata yang khusus dikategorikan dari fungsinya. Parts of speech terdiri atas 8 jenis lagi sesuai dengan fungsinya tersebut. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini.

Materi TOEFL Structure

1. Noun (Kata Benda)

Noun digunakan untuk menyatakan orang secara personal, hewan, tempat, ide atau konsep hingga benda itu sendiri. Noun dibagi lagi menjadi 7 jenis, yaitu:

  • Countable Noun adalah kata benda atau sesuatu yang dapat dihitung. Contoh: glasstreecar, book, etc.
  • Uncountable/Mass Noun adalah benda yang tidak dapat dihitung. Contoh: water, sand, sugar, money, etc.
  • Common Noun adalah nama dari sekelompok nomina yang sejenis atau mirip. Common noun tidak menamai apapun secara spesifik, maka penulisannya tidak dengan huruf kapital, kecuali berada di awal kalimat. Contoh: restaurant, zoo, forest, mountain, etc.
  • Proper Noun adalah benda atau sesuatu yang terdiri atas satu atau dua kata dan harus selalu dimulai dengan huruf capital saat penulisannya. Umumnya digunakan secara spesifik untuk nama tempat, organisasi, hari, bulan, bangsa, agama, dan tempat. Contoh: Taylor Swift, Kediri, February, Javanese, etc.
  • Concrete Noun adalah benda atau sesuatu yang benar-benar ada, bisa dilihat, bisa didengar, bisa disentuh, dsb. Contoh: house, woman, computer, car, etc.
  • Abstract Noun adalah kata benda abstrak yang berasal dari common noun. Biasanya bisa juga untuk menyatakan ide, konsep, perasaan, keadaan, sifat, atau karakter. Contoh: brotherhood, love, idea, agency, etc.
  • Collective Noun adalah kata benda atau sesuatu yang digunakan untuk menyatakan sekelompok orang, hewan, atau benda. Contoh: staff, family, government, pack, etc.

Materi TOEFL Structure

2. Pronoun (Kata Ganti)

Pronoun adalah kata yang dapat menggantikan suatu kata benda atau frasa kata benda. Pronoun berfungsi menghindari pengulangan kata benda atau frasa kata benda yang sama yang telah disebut sebelumnya. Kesimpulannya, jenis parts of speech yang kedua ini berfungsi untuk menghindari repetisi penggunaan noun. Ada 8 (delapan) jenis pronoun, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Personal Pronouns merupakan kata ganti pada subjek dan objek yang merujuk pada orang atau penamaan. Contoh: I, me, we, they, you, he, she, it, yours, himself, ourselves, its, my, that, this, those, us, who dan whom
  • Possessive Pronouns adalah kata ganti yang menunjukkan kepemilikan baik dalam bentuk tunggal maupun jamak. Contoh: mine, hers, his, theirs, ours, yours, dan theirs
  • Relative Pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat, yang menerangkan noun (kata benda). Contoh: who, whom, which, whose, dan that
  • Reflexive Pronoun adalah kata ganti subjek yang digunakan menunjukkan bahwa subjek dan objeknya adalah orang atau benda yang sama, secara sedehana kata ganti ini memiliki penambahan “-self” atau “-selves” pada objek atau subyek yang digunakan dalam sebuah kalimat.. Contoh: myself, yourself, ourselves, themselves
  • Intensive Pronoun kata ganti yang digunakan untuk memberikan penekanan pada noun atau pronoun. Contoh pada kalimat:
    * I myself am responsible for my own happiness (Saya bertanggungjawab atas kebahagiaan saya sendiri)
    * You yourself are totally different with your siblings (Kamu sangat berbeda dengan saudara-saudaramu)
    * The woman herself plants rice in the morning (Wanita itu sendiri menanam padi di pagi hari)
  • Demonstrative Pronoun adalah kata keterangan yang menggunakan parameter number (jumlah) dan distance (jarak). Contoh dalam kalimat: 
    * I can’t believe this! (Aku tidak percaya ini!)
    * You can do that! (Kau bisa melakukan itu!)
  • Indefinite Pronoun adalah kata ganti tidak pasti tidak merujuk ke seseorang, tempat, atau benda tertentu. Contoh: nothing, someone, anywhere, everybody
  • Reciprocal Pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan hubungan timbal balik. Contoh: each other, one another
  • Interrogative Pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk mengajukan pertanyaan. Contoh: who, which, what, whom, whose

Materi TOEFL Structure

3. Verb (Kata Kerja)

Verb adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.. Verb dapat dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Linking Verb adalah jenis kata kerja penghubung yang menghubungkan subjek dengan complement(pelengkap) yang menerangkannya, bisa noun complement atau adjective complement dan sering digunakan untuk menggantikan to be dan punya keterkaitan dengan sesuatu yang berhubungan dengan panca indra atau keadaan. Contoh dalam kalimat: 
    * I feels lonely
    *
    She looks very beautiful
    * We must keep together
  • Action Verb adalah kata kerja tindakan yang menjelaskan apa yang dilakukan oleh subjek pada suatu kalimat. Contoh dalam kalimat:
    * She sings her lates song (Dia menyanyikan lagu terbarunya)
    * I think about our future (Aku memikirkan tentang masa depan kita)

Materi TOEFL Structure

4. Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah adalah kelas kata yang mengubah nomina atau pronomina, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Kata sifat dapat menerangkan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, maupun penekanan suatu kata.

Contoh: calm, long, tiny, strong, wild, pretty, tame, etc.

Materi TOEFL Structure

5. Adverb (Kata Keterangan)

Adverb merupakan kelas kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau memodifikasi suatu kata kerja  (verb), kata sifat (adjective), atau adverb lainnya. Adverb dapat menjadi keterangan tambahan, namun adverb tidak bisa menjadi noun. Selain itu, adverb dapat diposisikan atau diletakkan di depan dan di belakang kalimat ataupun adjective dengan tambahan akhiran “-ly”. Adapun jenis-jenis adverb dan contohnya adalah sebagai berikut.

  • Adverb of Degree: merupakan adverb yang digunakan untuk menambah atau melengkapi informasi. Contoh: just, almost, quite, enough, too, extremely, very, etc.
  • Adverb of Frequency adalah adverb yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai seberapa sering seseorang melaksanakan suatu hal. Contoh: never, always, occasionally, etc.
  • Adverb of Manner adalah merupakan adverb yang digunakan untuk menambah informasi mengenai kondisi atau menjelaskan bagaimana suatu peristiwa itu terjadi. Bentuknya berupa adjective + ly. Contoh: softly, gently, happily, easily, etc.
  • Adver of Place merupakan adverb yang berfungsi untuk memberikan informasi tambahan mengenai lokasi atau tempat. Contoh: there, home, down, here, somewhere, etc.
  • Adverb of Time adalah adverb yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang waktu. Contoh: now, early, yesterday, tomorrow, today, soon, late, the day after tomorrow, the day before, etc.

Materi TOEFL Structure

6. Preposition (Kata Depan)

Part of speech selanjutnya ini sering digunakan sebelum noun atau pronoun untuk membentuk frasa yang memodifikasi kata lainnya dalam suatu kalimat. Selain itu, preposition hampir selalu berfungsi sebagai adjective atau adverb.

Contoh: in, on, at, through, with, by, of

Materi TOEFL Structure

7. Conjuction (Kata Penghubung)

Conjuction adalah kelas kata dalam bahasa Inggris yang memiliki fungsi menghubungkan kata atau klausa yang setingkat atau setara. Terdapat 3 jenis conjuction, yaitu sebagai berikut:

  • Coordinating Conjuction: kata yang menghubungan 2 bentuk gramatikal yang sama. Contoh: for, and, nor, but, or, yet, so
  • Subordinating Conjuction: kata yang menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat. Contoh: after, since, although
  • Correlative Conjuction: kata penghubung yang berpasangan. Contoh: not only….but also, either…or

Materi TOEFL Structure

8. Interjection (Kata Seru)

Interjection adalah kelas kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk mengekspresikan tingkat emosi.

Contoh: well, wow, great!, oh no!, oops!, whoa!, oh my God!, etc.

Materi TOEFL Structure

Phrases

Phrase merupakan kelompok kata yang tidak terdiri dari subjek dan kata kerja. Phrase bisa berbentuk noun phrase, adjective phrase, verb phrase, dan prepositional phrase.

1. Noun Phrase

Noun phrase adalah kelompok kata yang terdiri dari satu kata benda dan modifiernya. Head dalam noun phrase adalah noun atau kata benda. Contoh: 

  • Big country 
    * Head = country
    Modifier = big
  • Beautiful girl 
    Head = girl
    * Modifier = beutiful
  • Water in the glass 
    * Head = water
    Modifier = in the glass

2. Adjective Phrase

Adjective phrase adalah merupakan kumpulan kata-kata yang menggambarkan sebuah subyek atau obyek di dalam kalimat. Sebuah adjective di dalam adjective phrase dapat timbul di bagian awal, tengah, maupun di akhir dalam sebuah kalimat dan bisa digunakan sebelum atau setelah subyek atau obyek. Posisinya mungkin sebelum atau setelah noun (sebagai attributive untuk membentuk noun phrase) atau setelah linking verb (sebagai predicative). Contoh:

  • I like very dark chocolate.(Saya suka cokelat yang sangat hitam) – Attribute Adjective
  • Rina is extremely beautiful. (Rina sangat cantik) – Predicative Adjective

3. Verb Phrase

Verb phrase terdiri atas satu verb dan modifier-nya. Head dari phrase ini adalah verb.

Contoh:

  • Learn quick 
    Head = learn
    Modifier = quick
  • Come early
    Head = come
    Modifier = early
  • Walk across the street
    Head = walk
    Modifier = across the street

4. Prepositional Phrase

Merupakan phrase yang mencakup kata depan atau preposisi dan kata benda. Headnya berupa preposisi, sedangkan modifiernya berupa objek dari preposisi. Contoh:

  • At the office
    Head = at
    Modifier = the office
  • Since yesterday
    Head = since
    Modifier = yesterday
  • During the game
    Head = during
    Modifier = the game

Materi TOEFL Structure

Sentences

Terdapat 4 (empat) jenis sentences berdasarkan struktur kalimatnya. Untuk mengetahui keempat jenis tersebut mari simak penjelasan di bawah ini.

Materi TOEFL Structure

1. Simple Sentences

Simple sentence merupakan kalimat sederhana dengan subjek dan predikat yang membutuhkan objek atau pelengkap ataupun keterangan.

Contoh:

  • I am a student
  • My mother is going to the supermarket

2. Compound Sentences

Compound sentences merupakan kalimat yang terdiri dari dua klausa independen yang dihubungkan oleh coordinating conjunction. Coordinating conjunction sendiri terdiri atas: for, and, nor, but, or, yet, dan so. Atau jika ketujuh kata tersebut disingkat menjadi FANBOYS, untuk mempermudah dalam menghapalnya.

Contoh dalam kalimat:

  • I like ice cream, for it is delicious (Aku suka es krim karena sangat enak)
  • I like ice cream, and you like candy (Aku suka es krim dan kamu suka permen)
  • Neither beer, nor cigarette is not good for you (Baik bir ataupun rokok tidak baik untukmu)
  • I like ice cream, but I do not like ice cream chocolate (Aku suka es krim tapi aku tidak suka es krim coklat)
  • I have to drink milk yet, I do not really like it (Aku harus minum susu walaupun aku tidak menyukainya)

Materi TOEFL Structure

3. Complex Sentences

Complex sentence merupakan kalimat yang terdiri dari dua klausa yang dihubungkan oleh subordinate conjunction. Dalam comples sentence terdapat 2 (dua) pola, yaitu:

  • Subordinate clause +: informasi dalam subordinate tidak terlalu penting dalam kalimat
  • Main clause +: informasi yang berada pada main clause lebih ditekankan karena pemikiran atau maksud atau isi dari kalimat berada pada main clause

Note: jika main clause berada di awal kalimat, maka kalimat yang ada tidak menggunakan tanda [,] (koma)

Contoh kalimat main clause + subordinate clause:

  • I will study harder although I will feel so tired.
  • After mother tasted the fried chicken, she declared that she would not eat it again.

4. Compound Complex Sentences

Compound complex sentence adalah kalimat gabungan antara kalimat compound dan complex.

Contoh kalimat:

  • Tino loves Rina because Rina is beautiful and smart.
  • I love reading because it can bring me to see the world and it gives me a lot of information about many things.
  • He will not speak toher unless he need her.

Materi TOEFL Structure

Tenses

Secara umum, tenses adalah perubahan kata kerja berdasarkan waktu. Dalam bahasa Inggris, ada 16 tenses yang harus kamu ketahui. Tapi untuk menjelaskannya satu per satu tentunya akan sangat panjang. Oleh sebab itu, buat kamu yang penasaran dengan apa-apa saja tenses yang dibutuhkan dalam TOEFL, segera daftarkan diri kamu untuk kursus TOEFL di Titik Nol English Course.

1 thought on “Materi TOEFL Structure”

  1. Pingback: Lembaga Kursus TOEFL Kampung Inggris Pare Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *