Latihan Soal Structure TOEFL Sebelum Real Test

Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan tes TOEFL? Atau mungkin kamu belum kenal dengan apa itu TOEFL? Agar kamu mendapat hasil TOEFL dengan nilai terbaik, pastinya kamu perlu banyak belajar, dengan cara sering latihan menjawab soal structure TOEFL. Pada kesempatan kali ini akan kami berikan beberapa contoh soal latihan soal structure TOEFL yang bisa kamu kerjakan kapan pun agar kemampuanmu semakin membaik. Mau tau lebih lanjut. simak artikelnya sampai habis!

Soal Structure TOEFL

Latihan Soal Structure TOEFL

Apa Itu TOEFL?

Kebanyakan dari kamu mungkin sudah cukup familiar dengan istilah TOEFL. Tapi apakah kamu benar-benar kenal dengan apa TOEFL itu? Berikut akan berikan penjelasan sederhana mengenai apa itu TOEFL? TOEFL merupakan bentuk tes yang telah memiliki standar dan dapat digunakan untuk mengukur kompetensi atau kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bahasa asli dari negaranya bukanlah bahasa Inggris. Akan tetapi orang tersebut sedang akan bekerja atau melanjutkan studi ke negara yang bahasa ibunya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Tes TOEFL pada umumnya digunakan oleh instansi yang berasal dari Amerika Serikat, maka dari itu tes format bahasa yang diterapkan dalam TOEFL merupakan bahasa Inggris Amerika atau American English.

Berdasarkan jenisnya TOEFL terbagi menjadi 2: yaitu PBT dan iBT. Penilaian atau skor untuk ujian PBT berkisar antara 310 – 677, sedangkan TOEFL iBT nilainya antara 0 – 120.

Format Tes TOEFL

Sebelum kamu mendaftarkan diri untuk mengikuti tes TOEFL, kiranya penting untuk mengetahui bagaimana format tes TOEFL berlangsung. Ini penting agar kamu dapat mengetahui dan mampu memetakan apa saja tes TOEFL itu dan dapat menyesuaikan diri dengan memperbanyak latihan. Berikut adalah latihan soal structure TOEFL yang bisa kamu coba ketika sedang ingin belajar TOEFL dari rumah.

Contoh Soal TOEFL Structure dan Written Expression

Agar lebih jelas mengenai seperti apa TOEFL Structure dan Written Expression, berikut contoh soalnya:

a. Soal TOEFL Structure

  1. I wish you would tell me…………….

(A) Who is being lived next door

(B) Who does live in the next door

(C) Who lives next door

(D) Who next door was living

Untuk menjawab contoh soal kalimat di atas, maka kamu perlu memahami susunan kalimat yang tepat terlebih dahulu. Susunan kalimat dalam bahasa Inggris yang benar adalah “subject + verb + complement + modifier”.

Dari pilihan jawaban yang ada, maka kalimat (D) sudah pasti salah karena tidak sesuai dengan aturan dari susunan kalimat yang baik dan benar. Sedangkan pada kalimat (A) “is being lived” pasti salah karena pada model structure verbal. Jawaban (B) bisa kamu abaikan karena kata “does” dan “in the” tidak penting berada dalam kalimat. maka jawaban yang paling tepat adalah (C).

  1. During the Daytona, the lead car …………….. leaving the others far behind

(A) Forward far behind

(B) Advanced rapidly

(C) Advance forward rapidly

(D) Advanced in a rapidly manner

Setelah subject “the lead car” tentu kamu akan membutuhkan kata kerja untuk melengkapi kalimat tersebut. Kata “forward” bukan merupakan kata kerja, jadi jawaban (A) sudah pasti salah. Kemudian untuk jawab (B) adalah benar karena “verb + adverb rapidly”. Jawaban (C) mendekati benar karena “advanced” artinya “move forward”. Sedangkan jawaban (D) tidak tepat karena “rapidly” harusnya digunakan sebagai bentuk adjective.

  1. Refugee migration is at………….. worldwide

(A) An all time high

(B) The all time high

(C) All times high

(D) The high all time

Pilihan jawaban yang paling tepat untuk menjawab kalimat di atas adalah (A). Karena didalamnya terdapat article yang diikuti dengan kata sifat untuk kata benda “high”. Yang klausanya terpisah dengan klausa utama.

b. Soal TOEFL Written Expression

  1. In the (A) United States, there (B) are much (C) holidays throughout the (D) year.

Pada kalimat di atas, peserta diminta untuk mencari kata yang kurang tepat dari 4 pilihan yang disediakan. Dalam kalimat tersebut, kosakata “much” dapat dikategorikan sebagai non-count nouns sedangkan kata “holidays” merupakan count noun. Jadi kata yang kurang tepat adalah (C) yang harusnya diganti dengan kata “many”.

  1. Phoenix, Arizona, stands (A) where the Honokam Indians built a canal system (B) and carried on (C) irrigated farming before long (D) the time of Columbus.

Frasa “before long” kurang tepat karena yang benar adalah “long before” sehingga jawaban yang perlu diperbaiki adalah (D).

  1. Founded by (A) the Spanish as (B) Yerba Buena in 1835, what is now San Francisco was taken (C) over by the United States in 1846 and later renamed it (D).

Kata kerja yang digunakan pada pilihan jawaban (D) seharusnya bukan dalam format past tense “renamed” melainkan dalam bentuk present yaitu “rename”. Jadi jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah (D).

Itu tadi penjelasan sederhana mengenai TOEFL dan beberapa latihan soal structure TOEFL yang bisa kamu gunakan untuk belajar dan mengenali bagaimana format-format dalam uji bahasa Inggris TOEFL. Apabila masih kesulitan dalam belajar TOEFL kamu bisa mendaftarkan diri ke lembaga kursus bahasa Inggris yang berfokus pada persiapan TOEFL/IELTS.

Kunjungi website resmi Titik Nol English Course, klik di bawah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *